31.000 Warga Cimahi Dapat Bantuan Sosial Tunai, Begini Caranya

- Selasa, 6 Juli 2021 | 15:04 WIB
Ilustrasi Warga mengambil Bantuan Sosial (Bansos).
Ilustrasi Warga mengambil Bantuan Sosial (Bansos).

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Kementerian Sosial (Kemensos) kembali akan menyalurkan Bantuan Soaial Tunai (BST) di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Untuk wilayah Cimahi bantuan itu akan diberikan kepada 31.000 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). 

Kepala Bidang Sosial pada Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi Supijan Malik mengatakan, data penerima BST tersebut masih merujuk DTKS bulan April 2021. 

"Masih merujuk pada data yang bulan April, sekitar 31.000 KPM. Data terbaru belum ada dari Kemensos-nya," katanya, Selasa 6 Juli 2021. 

Diketahui, nominal BST yang disalurkan Kemensos sebesar Rp300.000 per bulan. Selama PPKM Darurat BST akan diberikan hingga Juni secara langsung. Artinya, puluhan ribu KPM di Kota Cimahi itu akan menerima Rp600.000 sekaligus.

"Per bulan itu kan Rp300.000. Tapi infonya akan sekaligus Rp 600.000 untuk bulan Mei dan Juni," ujar Supijan.

Untuk teknis penyaluran, kata dia, pihaknya bersama Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana sudah berkoordinasi dengan PT Pos Indonesia. Arahan Plt, kata dia, untuk waktu pembagian diperpanjang menjadi 10 hari.

Kemudian, titik penyaluran pun diminta untuk diperbanyak. Arahan itu diberikan untuk mengantisipasi kerumunan. Apalagi saat ini tengah berlangsung PPKM Darurat hingga 20 Juli mendatang.

"Waktunya direkomendasikan untuk diperpanjang. Kemarin kan 7 hari, arahan pak wali jadi 10 hari," ucap Supijan.

Kemudian, terang dia, undangan untuk KPM pun akan dibagikan secara bertahap sehingga nantinya para penerima tidak datang secara bersamaan. Undangan sendiri akan dibagikan H-1 sebelum pencairan.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Sungai-sungai di Cimahi Berwarna Hitam, Ini Penampakannya

Selasa, 14 September 2021 | 16:37 WIB
X