Perjuangan Makin Berat, RSUD Cibabat Cimahi Kekurangan Nakes dan Stok Tabung Oksigen

- Selasa, 29 Juni 2021 | 19:05 WIB
RSUD Cibabat Kota Cimahi.
RSUD Cibabat Kota Cimahi.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat Kota Cimahi terus mendapat ujian berat dalam menangani pasien Covid-19. Jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar Corona terus bertambah. Selain itu, kelangkaan tabung gas oksigen ikut jadi batu sandungan dalam merawat pasien dengan kategori sedang hingga berat. 

"Perjuangan kita makin berat, kita sudah cari kemana-mana, tapi oksigen tidak ada. Tadi hanya dapat dua tabung, ini cuma cukup untuk sampai pukul 20:00 WIB. Kita coba terus cari lagi," kata Direktur Utama RSUD Cibabat Sukwanto Gamalyono, Selasa 29 Juni 2021. 

Sukwanto juga menerangkan, jumlah nakes dan pegawai di RSUD Cibabat yang terpapar COVID-19 bertambah jadi 200 orang. Jumlah ini terdiri dari petugas kebersihan, perawat, hingga dokter. 

Banyaknya nakes yang terpapar COVID-19 membuat pihak rumah sakit keteteran dalam melakukan penanganan pasien positif. Kebutuhan nakes untuk menambal kekurangan itu amat banyak. 

"Yang jadi kendala kita butuh 120 petugas dokter, perawat, sampai sopir ambulan. Tapi baru dapat 50 persennya karena semua rumah sakit membutuhkan itu juga. Mungkin sekarang baru dokter saja yang kuotanya terpenuhi, yang lainnya seperti perawat masih jauh," tegasnya. 

Belum lagi pihaknya sedang melakukan upaya penambahan bed khusus COVID-19 sebanyak 33 unit di lantai enam gedung B RSUD Cibabat agar bisa menampung pasien COVID-19 yang belum tertangani. 

"Di IGD itu ada sekitar 25 yang waiting list untuk dirawat. Walaupun belum sampai keluar tapi kepadatannya lumayan. Kita sekarang sedang menambah 33 tempat. Karena kebutuhannya sangat meningkat dan diminta untuk segera bisa beroperasi tapi ya itu tadi, kita masih kekurangan SDM," jelasnya. 

Sementara secara keseluruhan jumlah pasien positif COVID-19 yang saat ini tengah dirawat di RSUD Cibabat sebanyak 172 orang. 

"Kondisi ruangannya sampai hari ini total yang dirawat di ruang perawatan ada 172 orang. Itu yang kondisinya gejala sedang sampai berat. Untuk pasien di kita 45 persen warga Cimahi, sisanya dari KBB, Kabupaten Bandung, dan Kota Bandung," tegasnya. 

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Siswa Belum Vaksin di Cimahi Dilarang Ikut PTM

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:54 WIB

Cara Buat Kartu Kuning AK1 untuk Pencari Kerja

Minggu, 24 Oktober 2021 | 11:00 WIB
X