Lahan Pemakaman Jenazah Covid-19 di Cimahi Menipis

- Senin, 28 Juni 2021 | 16:05 WIB
Ilustrasi -- Petugas pemakaman Covid-19 Kota Tasikmalaya saat memakamkan pasien meninggal akibat Covid-19 di TPU Aisha Rashida.
Ilustrasi -- Petugas pemakaman Covid-19 Kota Tasikmalaya saat memakamkan pasien meninggal akibat Covid-19 di TPU Aisha Rashida.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Cimahi ikut membuat lahan pemakaman menipis. Data Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) Kota Cimahi, hingga Minggu 27 Juni 2021, tercatat ada 282 orang yang dimakamkan menggunkan protokol COVID-19 di sejumlah pemakaman di Kota Cimahi.

Dari jumlah itu dapat dirinci 116 liang lahat di TPU Muslim Cipageran, 12 liang lahat di TPU Leuwigajah, TPU Lebaksaat 8 makam, TPU Lebaksaat Blok D 120 makam, dan TPU Lebaksaat 26 makam.

"Dengan terpakainya lahan tersebut otomatis semakin sedikit ketersediannya. Yang meninggal rata-rata per hari 3 orang. Terakhir Sabtu sampai 10 orang sehari," kata Kepala DPKP Kota Cimahi, M Nur Kuswandana, Senin 28 Juni 2021

Untuk saat ini, terang Nur, lahan pemakaman khusus COVID-19 yang tersisa hanya di TPU Lebaksaat Block C yang berada di Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara yang menyisakan sekitar 124 liang lahat. "Sudah habis sekarang tinggal Blok C," ucapnya.

Diakuinya, pihaknya mengalami keterbatasan lahan untuk pemakaman baru khusus COVID-19. Untuk itu sejak tahun lalu Pemkot Cimahi membuat kebijakan bahwa pemakaman khusus COVID-19 hanya bagi warga yang memiliki KTP Kota Cimahi dan personel TNI, Polri serta ASN yang bertugas di Kota mungil ini.

"Banyak warga luar KTP Cimahi walau meninggalnya misal di RSUD atau Dustira mohon maaf tidak bisa dimakamkan di Cimahi kalau tidak ber-KTP Cimahi," tegas Nur.

Dirinya melanjutkan, kasus COVID-19 yang meningkat ini ternyata diikuti dengan tren pasien yang meninggal akibat paparan COVID-19. Ia berharap pandemi ini segera berakhir.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Sungai-sungai di Cimahi Berwarna Hitam, Ini Penampakannya

Selasa, 14 September 2021 | 16:37 WIB
X