Mengenal Lebih Dekat Kearifan Lokal di Kampung Adat Cireundeu

- Kamis, 24 Juni 2021 | 08:30 WIB
Protokol kesehatan di Kampung Adat Cirendeu.
Protokol kesehatan di Kampung Adat Cirendeu.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM — Wargi Cimahi kemungkinan sudah mengenal Kampung Adat Cirendeu, yang terletak di Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan. Tetapi, apakah sudah tahu apa keunikan dari kampung ini?

Disebut "Cirendeu" karena kampung ini memiliki banyak sekali tanaman rendeu. Tanaman rendeu adalah bahan obat herbal. Hingga saat ini, warga Kampung Adat Cirendeu pun masih mempertahankan adat istiadatnya dalam mengolah pohon itu.

Dalam populasinya, Kampung Adat Cirendeu memiliki 50 kepala keluarga atau 800 jiwa, dengan bermata pencaharian sebagian besar sebagai petani singkong dan bercocok tanam.

Masyarakat Cirendeu masih mengakar kuat dalam memegang tradisi yang diwariskan oleh tetua terdahulu, kebanyakan masyarakat Cirendeu tidak suka merantau dan berpisah dengan sanak saudaranya.

Prinsip Hidup Masyarakat Cirendeu

Masyarakat Kampung Adat Cirendeu memiliki pegangan hidup dalam menjalani kehidupan terdapat kalimat yang melekat dalam kehidupanya. Teu Boga Sawah Asal Boga Pare, Teu Boga Pare Asal Boga Beas, Teu Boga Beas Asal Bisa Nyangu, Teu Nyangu Asal Dahar, Teu Dahar Asal Kuat.

Kalimat ini berarti: tidak punya sawah asal punya padi, tidak punya padi asal punya beras, tidak punya beras asal bisa memasak nasi, tidak memasak nasi asal makan, tidak makan asal kuat.

Tujuannya untuk mengingatkan manusia agar tidak bergantung pada satu makanan bahan pokok yaitu beras saja. Oleh sebabnya, masyarakat Cirendeu memiliki inisiatif dalam mengelola dan mengkonsumsi bahan makanan pokok dengan menggunakan singkong.

Budaya Masyarakat Cirendeu

Dalam menentukan lokasi rumah saat dibangun, ada aturan yang mengikat yaitu memiliki pintu samping yang menghadap ke arah timur dengan tujuan agar matahari masuk ke dalam rumah.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Cara Buat Kartu Kuning AK1 untuk Pencari Kerja

Minggu, 24 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Ribuan Keping KTP di Kota Cimahi Dibakar, Ada Apa?

Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:35 WIB
X