Darurat! RSUD Cibabat Penuh, 8 Pasien Covid-19 Antre Giliran Masuk IGD

- Sabtu, 12 Juni 2021 | 15:13 WIB
[ILUSTRASI] Simulasi penanganan pasien covid-19 di RSHS Bandung
[ILUSTRASI] Simulasi penanganan pasien covid-19 di RSHS Bandung

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Tingkat keterisian atau bed occupancy rate (BOR) ruang isolasi pasien Covid-19 di RSUD Cibabat di Kota Cimahi naik drastis sejak satu pekan terakhir. Akibat kenaikan ini, 8 pasien harus tungu giliran masuk ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) khus pasien Covid-19. 

Data terakhir, tingkat keterisian RSUD Cibabat telah mencapai 77,78 persen. Adapun antrean menuju ruang IGD itu dikarenakan tempat tidur yang sesuai kategori pasien susah terisi penuh.

"Waiting list IGD Covid-19 ada 8 pasien, karena tempat tidur sesuai peruntukan pasien penuh. Tetapi ada beberapa pasien IGD yang sedang persiapan masuk ruangan (perawatan)," kata Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang pada RSUD Cibabat, dr Ars Agustiningsih saat dihubungi, Sabtu 12 Juni 2021.

RSUD Cibabat sendiri menyediakan sebanyak 63 bed atau tempat tidur yang terdiri dari beberapa kategori. Seperti merah dan kuning. "Total bed ada 63, keterisian sudah 49 pasien. Ada peningkatkan kasus," tambahnya. 

Adapun rinciannya untuk kategori merah dewasa ada 2 tempat tidur dan sudah terisi penuh. Kategori merah ada sudah terisi 2 bed dari 4 kapasitas. Kategori kuning dewasa (A3) kini terisi 11 pasien dari total 12 tempat tidur.

Kemudian kategori kuning dewasa (B3) sudah diisi 24 pasien dari toral 33 tempat tidur. Kategori kuning anak sudah terisi penuh dari total 6 tempat tidur yang ada, serta kategori kuning dewasa kebidanan sudah terisi oleh 4 pasien dari 6 bed. 

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana mengatakan, rencananya akan ada penambahan tempat tidur khusu pasien Covid-19 di RSUD Cibabat. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan kasus.

"Rencananya RSUD Cibabat mau nambah 20 bed, kita siapkan apabila ada lonjakan," terangnya.
 

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

Warga Cimahi Gelar Salat Berjamaah Gerhana Bulan

Selasa, 8 November 2022 | 20:02 WIB
X