Ratusan Sekolah di Cimahi Gelar Simulasi Pembelajaran Tatap Muka

- Senin, 24 Mei 2021 | 13:57 WIB
Simulasi PTM di SDN Cimahi Mandiri II, di Jalan Djulaeha Karmita, Kota Cimahi.
Simulasi PTM di SDN Cimahi Mandiri II, di Jalan Djulaeha Karmita, Kota Cimahi.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Ratusan sekolah mulai dari jenjang TK/PAUD, SD, hingga SMP di Kota Cimahi menggelar simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM), pada Senin 24 Mei 2021. Hal ini dilakukan sebagai persiapan pembelajaran langsung di sekolah yang direncanakan pada 19 Juni 2021 mendatang. 

Simulasi ini berlangsung selama enam hari hingga 31 Mei 2021 mendatang. Tercatat 27 TK/PAUD, 116 SD, dan 37 SMP yang melaksanakan simulasi PTM ini.  

Salah satu sekolah yang melaksanakan simulasi PTM adalah SDN Cimahi Mandiri II, di Jalan Djulaeha Karmita, Kota Cimahi. Tampak para siswa memasuki ruang kelas. Berbeda saat sebelum pandemi Covid-19, pembelajaran kali ini mewajibkan siswa memakai masker. 

Selain itu, mulai dari memasuki gerbang sekolah, jarak para siswa diatur, wajib mencuci tangan sebelum masuk kelas, kemudian di dalam kelas, kapasitas hanya 50%. Siswa harus duduk sendiri-sendiri dengan masker selalu melekat menutup mulut dan hidung sebagai bagian dari ikhtiar untuk mencegah penularan Covid-19. 

Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi Ngatiyana memantau langsung pelaksanaan simulasi PTM dihari pertama ini. Dia mengklaim hari pertama uji coba ini sudah sesuai dengan aturan yang ditentukan sebelumnya.

Dia menekankan soal penerapan protokol kesehatan selama simulasi PTM, misalnya sterilisasi ruangan kelas sebelum dan sesudah digunakan hingga siswa dan guru tidak berkerumun.

Pihak sekolah juga wajib menyediakan ruang isolasi yang bakal digunakan untuk merawat siswa yang sakit selama simulasi PTM berjalan. 

"Sterilisasi kelas wajib dilakukan, ruangan disemprot dulu baru siswa bisa masuk setelah dipakai disemprot lagi. Kita siapkan ruangan isolasi juga, jadi apabila ada siswa sakit dan panas nanti diperiksa di situ. Langkah ini dipersiapkan secara matang," katanya. 

Selama simulasi PTM berjalan, siswa yang diizinkan mengikuti pembelajaran maksimal hanya 15 siswa setiap kelasnya. Sementara untuk TK hanya 5 orang setiap kelasnya. 

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Cara Buat Kartu Kuning AK1 untuk Pencari Kerja

Minggu, 24 Oktober 2021 | 11:00 WIB

Ribuan Keping KTP di Kota Cimahi Dibakar, Ada Apa?

Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:35 WIB
X