Hantaman Pandemi, Zebra Wall Pasang Strategi Digital Marketing

- Senin, 15 Februari 2021 | 19:43 WIB
Produsen perlengkapan aktivitas luar ruang, Zebra Wall.
Produsen perlengkapan aktivitas luar ruang, Zebra Wall.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Produsen perlengkapan aktivitas luar ruang Zebra Wall, masih terus berkibar di tengah hantaman ekonomi pandemi Coronavirus Disease (Covid-19). Pemasaran produk dengan metode digital marketing salah satunya menjadi strategi jitu untuk tetap eksis di bisnis apparel.

Owner Zebra Wall, Cecep Khoerussalam mengatakan, pasang surut perjalanan bisnis produk outdoor activity sudah dilalui sejak berdiri tahun 2007. Asam garam menggeluti bisnis perlengkapan aktivitas luar ruang membuat Zebra Wall tetap bertahan di bisnis apparel.

"Tak bisa dipungkiri di awal pandemi khususnya produk costum order 80-90% turun, tetapi sekarang beranjak naik 50%. Dan kami memanfaatkan momentum turunnya costum order untuk membangkitkan kembali produk asli Zebra Wall," ungkapnya saat ditemui Ayobandung.com, Senin (15/2/2021). 

Cecep memaparkan, Zebra Wall sebagai usaha mikro kecil menengah penyedia perlengkapan outdoor berdiri di tengah terseoknya perusahaan serupa pada 2007 silam. 3 tahun pertama merintis usaha ini, Cecep yang juga pegiat aktivitas luar ruang hanya memiliki 1 orang pegawai dengan keahlian membuat tas ransel. 

"Saya ingat beberapa brand outdoor waktu itu jatuh, tetapi saya malah terjun mendirikan Zebra Wall. Mungkin karena basic saya juga hoby jadi dijalani saja tidak terlalu berpikir keuntungan," katanya.

Tarik ulur bisnis berbuah manis pada tahun 2010, disaat brand serupa hanya menjual produk buatannya, Zebra Wall malah kerap kali mendapat pesanan kostum. Namun resikonya, nama besar Zebra Wall meredup karena costum order hanya mengerjakan keinginan pemesan.

"2010 sampai 2020 dominasi di costum order, jadi kami membuat apparel sesuai pesanan. Resikonya inovasi produk Zebra Wall sendiri tidak berkembang karena memenuhi keinginan costumer," ujar Cecep. 

Hantaman pandemi Covid-19 diakuinya menurunkan costum order, hal ini menjadi titik balik brand lokal rasa internasional ini untuk kembali mengeluarkan produk andalan berkualitas. Strategi digital marketing pun menjadi pilihan Zebra Wall untuk memperkuat dan memperluas pemasaran produk. 

"Pemasaran masih di Bandung Raya, Jakarta, Palembang, Surabaya dan Makasar. Kita berharap dengan mengikuti perkembangan digital pemasaran lebih mudah dan luas," beber dia.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Terkini

Ribuan Keping KTP di Kota Cimahi Dibakar, Ada Apa?

Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:35 WIB
X