UPTD Air Minum Cimahi Akan Naik Status Jadi BLUD

- Kamis, 23 Januari 2020 | 17:59 WIB
[Ilustrasi] Pemerintah Kota Cimahi berencana menaikkan status pengelolaan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Air Minum pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). (Istimewa)
[Ilustrasi] Pemerintah Kota Cimahi berencana menaikkan status pengelolaan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Air Minum pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). (Istimewa)

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Cimahi berencana menaikkan status pengelolaan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Air Minum pada Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DPKP) menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Kepala UPTD Air Minum Kota Cimahi Dede M Asrori mengatakan, tahapan menuju href="https://www.ayobandung.com/tag/-BLUD"> BLUD sudah digagas sejak akhir tahun 2019. Saat ini proses penilaian masih berjalan dan diharapkan November 2020 naik status jadi href="https://www.ayobandung.com/tag/-BLUD"> BLUD.

"Masih dalam proses penilaian, tahapan untuk href="https://www.ayobandung.com/tag/-BLUD"> BLUD udah ditempuh dan penetapannya sebetulnya sudah per 30 Desember 2019," ungkapnya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Rd. Hardjakusumah, Kamis (23/1/2019).

UPTD Air Minum saat ini melayani sekira 4.300 pelanggan Sambungan Rumah khusus di wilayah Karangmekar dan Cigugur Tengah. 

Ribuan pelanggan itu mendapat pasokan air bersih dari Sistem Pengelolaan Air Minum (SPAM) yang terletak di Kompleks Pemkot Cimahi.

Jumlah pelanggan yang dipasok dari SPAM milik Pemkot Cimahi itu kemungkinan masih bisa bertambah jika melihat kapasitas sumber air baku dan kapasitas produksi airnya yang mencapai 50 liter per detik.

"Pelanggan saat ini masih bisa nambah. Produksi kita masih tidak kekurangan baik air bakunya maupun produksinya jadi ke pelanggan masih full tidak digilir," katanya.

Kemungkinan pengelolaan menjadi href="https://www.ayobandung.com/tag/-BLUD"> BLUD baru akan diterapkan November 2020 ketika memasuki anggaran perubahan. 

"Paling nanti diubah saat anggaran perubahan sekitar bulan November. Jadi kita menunggu sampai November untuk sepenuhnya melaksanakan href="https://www.ayobandung.com/tag/-BLUD"> BLUD," kata Dede.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

Polisi Buru Pelaku Bakar Motor di Kota Cimahi

Selasa, 14 Juni 2022 | 15:54 WIB
X