Daftar Pinjol Ilegal Terbaru 2022 Bikin Jantungan, Jangan Tertipu!

- Senin, 5 Desember 2022 | 07:33 WIB
Masyarakat jangan sampai tertipu! Daftar pinjol ilegal terbaru 2022 yang dirilis pemerintah bisa bikin jantungan. Hati-hati! (unsplash/ austin distel)
Masyarakat jangan sampai tertipu! Daftar pinjol ilegal terbaru 2022 yang dirilis pemerintah bisa bikin jantungan. Hati-hati! (unsplash/ austin distel)

AYOBANDUNG.COM - Daftar pinjol ilegal terbaru 2022 yang dirilis pemerintah bisa bikin jantungan. Masyarakat diimbau jangan tertipu!

Hadirnya pinjol ilegal dirasa meresahkan. Ada kerugian besar bagi masyarakat. Daftar pinjol ilegal terbaru 2022 yang dirilis pemerintah akhirnya jadi sorotan. Sebelum bikin jantungan, masyarakat diminta jangan sampai terjerat pinjol ilegal.

Untuk diketahui, kerugian-kerugian yang ditimbulkan pinjol ilegal lumayan banyak. Semuanya bisa bikin jantungan. Di antaranya adalah bunga pinjaman yang sangat tinggi.

Belum lagi penagihan kasar kepada penerima pinjaman, akses terhadap data pribadi serta waktu jatuh tempo pembayaran pinjaman yang tidak sesuai dengan perjanjian di awal.

Untuk informasi, Layanan atau platform pinjaman online (pinjol) di Indonesia saat ini sudah menjamur. Jumlanya diperkirakan mencapai ratusan yang beroperasi di Indonesia saat ini.

Nah, dari banyaknya layanan pinjol yang ada, ternyata ada yang belum resmi berizin oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Menurut Ketua SWI Tongam L. Tobing, pihaknya terus menerima pengaduan masyarakat terkait pinjol ilegal.

"Setiap hari SWI menerima pengaduan masyarakat korban pinjol ilegal. Meskipun beberapa pelaku telah dilakukan proses hukum, tampaknya beberapa dari mereka belum jera," kata Tongam, dikutip dari laman resminya, Minggu (2/12/2022).

Oleh karena itu, masyarakat sebaiknya teliti dahulu sebelum melakukan pinjaman.

Satgas Waspada Investasi (SWI) mengumumkan telah menghentikan 88 platform pinjaman online (pinjol) ilegal pada Oktober 2022.

Halaman:

Editor: Agus Purwanto AB

Sumber: OJK

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pinjaman KUR BRI 2023 Ada Potongan, Cek Besarannya

Senin, 23 Januari 2023 | 21:04 WIB
X