Tips Aman Beli STB TV Digital, Ini Cara Cek Singkat Sesuai Rekomendasi Kominfo

- Minggu, 4 Desember 2022 | 12:17 WIB
Ilustrasi set top box (STB) | Tips Aman Beli STB TV Digital, Ini Cara Cek Singkat Sesuai Rekomendasi Kominfo (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Ilustrasi set top box (STB) | Tips Aman Beli STB TV Digital, Ini Cara Cek Singkat Sesuai Rekomendasi Kominfo (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau masyarakat untuk menggunakan Set Top Box (STB) agar tetap bisa menonton TV secara gratis di rumah.

Penggunaan STB seiring dengan pelaksanaan Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran televisi analog menjadi TV digital sejak 2 November 2022.

Masyarakat bisa menonton siaran TV digital setelah melakukan cek apakah STB yang dimiliki resmi sesuai rekomendasi Kominfo atau tidak.

Baca Juga: Guru Sertifikasi PAUD - SMK, Madrasah Kemenag dan Kemdikbud Dapat Tunjangan Ini 

Apa yang dimaksud dengan STB? Apakah bisa untuk internet?

STB umumnya dikenal sebagai dekoder, converter, atau receiver yang berfungsi sebagai pengubah sinyal.

Set Top Box adalah alat untuk mengkonversi atau menangkap sinyal digital menjadi gambar dan suara yang dapat ditampilkan di TV analog.

STB hanya menangkap siaran gratis berbasis digital dan bukan untuk layanan streaming yang berbayar, sehingga tayangan yang ditampilkan tetap seperti televisi biasa.

Baca Juga: Gaji PPPK 2023 Honorer Baru Diangkat, Ini Tabel Pembayaran Guru S1 dan Tunjangan Golongan IX 

Halaman:

Editor: Herawati Ningsih

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X