Pabrik Piaggio Resmi Hadir di Cikarang, Harga Vespa Bakal Lebih Murah nih?

- Kamis, 24 November 2022 | 18:11 WIB
Meluncur hari ini (10/11/2020), Vespa Sei Giorni II dari PT Piaggio Indonesia . (PT Piaggio Indonesia.)
Meluncur hari ini (10/11/2020), Vespa Sei Giorni II dari PT Piaggio Indonesia . (PT Piaggio Indonesia.)

AYOBANDUNG -- Piaggio Group, pabrikan sepeda motor asal Italia, resmi membuka pabrik pertamanya di Indonesia, November ini, sekaligus menjadi pabrik ketiga yang beroperasi di Asia Pasifik setelah Vinh Phuc (Vietnam) dan Foshan (Tiongkok).

Langkah membangun pabrik di Tanah Air ini guna memperkuat ekspansi dan peran strategis Piaggio Group di kawasan tersebut.

Berdasarkan siaran pers di situs resmi Piaggio Indonesia, disebutkan pabrik tersebut berlokasi di Kawasan Industri Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

Dalam acara peresmian Rabu kemarin (23/11), hadir Chief Executive of Product and Global Strategy of Piaggio Group, Michele Colaninno, bersama dengan perwakilan Piaggio Group, Piaggio Asia Pasifik, dan Piaggio Indonesia, dan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Duta Besar Italia untuk Indonesia, ASEAN, dan Timor Leste, H.E. Benedetto Latteri.

Pabrik Piaggio di kawasan eko-industri modern di Tanah Air ini berdiri di atas lahan seluas 6 hektare. Pabrik ini mulai beroperasi dengan memproduksi skuter Vespa, serta merek dan produk lain dari Piaggio Group. Pabrik baru tersebut juga telah memenuhi Standarisasi Pabrik Global Piaggio yang diterapkan di seluruh dunia.

“Peresmian hari ini sangat monumental, dimulai sejak peletakan batu pertama yang saya lakukan pada 9 November 2021 dan kini kita menyaksikan fasilitas produksi telah memulai operasional komersialnya dengan kapasitas produksi awal 10.000 unit per tahun,” kata Menperin Agus saat peresmian pabrik Piaggio Indonesia, sekaligus line-off produk pertama Vespa LX di Cikarang, dikutip situs Kemenperin.

Lantas dengan hadirnya pabrik di Cikarang ini, apakah akan membuat harga motor skuter Vespa, merek andalan Piaggio, akan lebih terjangkau?

Bahkan sejak November tahun lalu netizen Indonesia di media sosial pun sebenarnya mulai mempertanyakan dampak dari hadirnya pabrik baru tersebut.

Hal ini lantaran produk-produk Vespa yang dijual di Tanah Air melalui Piaggio Indonesia selama ini rata-rata merupakan hasil produksi dari pabrik mereka di Vietnam. Namun hal itu akan berubah karena akan meluncur Vespa yang diproduksi di Indonesia.

Akan tetapi belum ada kepastian dari manajemen Piaggio berkaitan dengan harga.

Halaman:

Editor: Fairus Tri Rizki

Sumber: Piaggio Indonesia

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X