Menkeu Prediksi Dunia Jatuh ke Jurang Resesi pada 2023, Gimana Nasib Indonesia?

- Selasa, 27 September 2022 | 12:34 WIB
 Menkeu, Sri Mulyani siapkan anggaran untuk THR dan Gaji ke 13 Pensiunan PNS tahun 2023 (Instagram/ smindrawati)
Menkeu, Sri Mulyani siapkan anggaran untuk THR dan Gaji ke 13 Pensiunan PNS tahun 2023 (Instagram/ smindrawati)

AYOBANDUNG.COM--Ekonomi global diprediksi terjadi resesi pada 2023 mengingat pengetatan moneter oleh banyak bank sentral di dunia.

Kondisi ini pun tak luput dari imbas perang Rusia-Ukraina maupun dampak tekanan ekonomi dunia lainnya, memicu inflasi sangat tinggi.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan kebijakan sejumlah negara terkait pengetatan moneter akan berdampak bagi pertumbuhan ekonomi dunia.

Baca Juga: Dibuka Besok! Kementerian Desa PDTT Buka Lowongan Pendamping Lokal Desa 2022, Lulusan SMA 34 Lokasi Penempatan

Dia mengatakan Indonesia perlu melakukan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya pelemahan kinerja perekonomian dunia akibat inflasi tinggi dan kenaikan suku bunga.

Kendati demikian, ekonomi Indonesia mulai menunjukkan kinerja positif dilihat dari mobilitas masyarakat berada di atas level pandemi.

"Kinerja perekonomian Indonesia sampai dengan bulan Agustus 2022 juga semakin membaik, yaitu tumbuh hingga 5,4 persen," ujarnya seperti dikutip dari situs Kemenkeu, Selasa 27 September 2022.

Baca Juga: Ini Rincian Lengkap Gaji PNS Golongan III Sesuai Masa Kerja Terbaru 2022, Resmi dari BKN

Perbaikan kinerja ekonomi Indonesia tidak lepas dari dukungan di berbagai sektor, di antaranya kinerja ekspor yang cukup impresif, sehinga mencatatkan surplus pada neraca perdagangan mencapai US$5,76 miliar hingga Agustus 2022.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit

Sabtu, 3 Desember 2022 | 08:30 WIB
X