Memahami Tentang Kredit Multiguna, Manfaat dan Tips Pengajuannya

- Selasa, 20 September 2022 | 10:33 WIB
Memahami Tentang Kredit Multiguna, Manfaat dan Tips Pengajuannya (Unsplash)
Memahami Tentang Kredit Multiguna, Manfaat dan Tips Pengajuannya (Unsplash)

AYOBANDUNG.COM -- Apa yang Anda ketahui tentang Kredit Multiguna? Simak penjelasan lengkap dan manfaat serta jenis dari pinjaman ini. Salah satu produk kredit yang memberikan fasilitas pinjaman sehingga peminjam diwajibkan memberikan agunan disebut sebagai Kredit Multiguna

Pinjaman Multiguna merupakan produk dari perbankan dimana fasilitas pinjaman akan diserahkan terhadap debitur, kemudian diwajibkan untuk memberikan jaminan atau kredit agunan rumah. 

"Pembiayaan Multiguna adalah pembiayaan barang dan/atau jasa yang diperlukan oleh debitur untuk pemakaian/konsumsi dan bukan untuk keperluan usaha atau aktivitas produktif dalam jangka waktu yang diperjanjikan," demikian penjelasan menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jumlah pinjaman yang diberikan relatif lebih fleksibel dan besar. Dengan begitu, jaminan milik kreditur bisa ditaksir pihak bank berdasarkan limit kreditnya. Anda bisa mengajukan kredit multiguna ini dengan lembaga multifinance dan lembaga perbankan. 

Manfaat dari Kredit Multiguna

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari adanya angsuran multiguna.

  1. Plafon Pinjaman Sangat Tinggi

Plafon atau limit pinjaman yang tinggi menjadi faktor utama mengapa angsuran multiguna dijadikan sebagai alternatif oleh banyak orang. Lembaga keuangan bisa mengurangi resiko kerugian apabila nasabah gagal membayar pinjaman, yakni dengan menggunakan jaminan aset berharga.

Jumlah dari limit pinjaman yang diberikan sebesar 2 juta rupiah hingga 2 miliar rupiah. Berbeda dengan pinjaman jaminan BPKB yang umumnya hanya maksimal Rp 200 juta.

  1. Tenor yang Diberikan Panjang

Keunggulan lain dari kredit multiguna adalah masa tenor atau periode pinjaman yang cukup panjang. Kredit multiguna memiliki tenor yang bisa hingga 20 tahun.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berusia 17 Tahun, LPS Ungkap Rencana Selanjutnya

Kamis, 22 September 2022 | 16:26 WIB

Saat Isu Akuisisi, Laba BTN Syariah Menggila

Minggu, 18 September 2022 | 16:03 WIB

BTN Syariah on Track Dukung Program Pemerintah

Senin, 12 September 2022 | 19:06 WIB

bank bjb Raih Top GRC Award 2022

Selasa, 6 September 2022 | 19:58 WIB
X