Cara Membuat Password Aman agar Akun Tidak Mudah Diretas oleh Hacker

- Selasa, 13 September 2022 | 14:29 WIB
Ilustrasi Cara membuat password aman agar tak mudah dihack (Pixabay/AchinVerma)
Ilustrasi Cara membuat password aman agar tak mudah dihack (Pixabay/AchinVerma)


LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Kasus kebocoran data yang marak terjadi menjadi hal yang mengkhawatirkan. Demi keamanan akun Anda, simak cara membuat password aman agar akun tidak mudah di-hack.

Era digital saat ini membuat media sosial menjadi sebuah kebutuhan. Mulai dari sarana berbelanja online, chatting dengan teman jauh, mengirim tugas via e-mail, hingga penggunaan e-money yang membuat Anda harus menjaga keamanan akun media sosial dengan menggunakan password.

Menurut dosen informatika Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung, Mariskha Tri Adithia, password menjadi titik berat keamanan data dan informasi Anda di internet. Oleh karena itu, perlu dipastikan password yang anda buat cukup kuat dari upaya peretasan.

Baca Juga: Cara Menjaga Keamanan Data Pribadi agar Tidak Gampang Diretas, Lakukan Langkah-langkah Ini!

Seperti saat pertama kali anda membuat akun media sosial, Anda diminta memasukkan sejumlah karakter yang berupa kombinasi angka dan kata. Bahkan jika tidak sesuai kriteria, maka akan muncul kalimat “password lemah”.

Hal itu bertujuan untuk memastikan password yang Anda masukkan benar-benar kuat sehingga hacker tidak mudah mendeteksi password Anda.

Cara Membuat Password Aman dan Kuat

Berikut ini beberapa hal penting yang harus diperhatikan mengenai cara membuat password aman agar akun tidak mudah dihack, antara lain:

Baca Juga: Hacker Bjorka Hanya Ikuti Satu Akun Ini, Milik Penyanyi Kolaborasi dengan Musisi Bali

Halaman:

Editor: Ekarista Rahmawati Putri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Melakukan Update WA GB Pro Versi Terbaru

Minggu, 4 Desember 2022 | 09:20 WIB
X