Truecaller Jaga Pengguna dari Spam dan Pelecehan

- Selasa, 16 Agustus 2022 | 10:49 WIB
Truecaller jaga pengguna dari spam dan pelecehan. (Truecaller)
Truecaller jaga pengguna dari spam dan pelecehan. (Truecaller)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Panggilan dari nomor asing atau pesan dari orang tak dikenal kerap membuat khawatir dan risih jika terus berulang setiap hari. Tak jarang, panggilan atau pesan tak beridentitas kerap berujung penipuan dan pelecehan kepada perempuan.

Melihat fenomena tersebut yang terjadi di seluruh belahan dunia, Truecaller aktif menginisiasi beragam kampanye, antara lain #Knowyourcaller, #ItsnotOK, dan #CallItOut untuk meningkatkan kesadaran, menyebarkan pesan, dan mendorong perempuan untuk berbicara menentang pelecehan di dunia digital dan dunia nyata.

“Kami telah melakukan berbagai inisiatif atau kampanye kesadaran massal untuk menghentikan kasus kejahatan. Truecaller pun diterima baik untuk memecahkan masalah masyarakat Indonesia dalam menghadapi panggilan spam dan pelecehan. Semakin banyak orang menggunakan aplikasi di suatu wilayah, semakin baik dalam deteksi spam dan penipuan, berkat pelaporan komunitas yang aktif,” ungkap Alan Mamedi, Co-founder dan CEO Truecaller.

Baca Juga: Link Download WhatsApp GB APK 2022 dan Fitur Lengkapnya, Dapat Kirim Pesan Terjadwal

Truecaller menjadi solusi sehat berkomunikasi karena mampu mengidentifikasi penelepon atau SMS, memblokir spam dan scam, serta fitur bermanfaat lainnya. Tercatat, Truecaller memiliki lebih dari 320 juta pengguna aktif, dengan setengah miliar unduhan sejak diluncurkan, dan hampir 38 miliar panggilan yang tidak diinginkan teridentifikasi dan diblokir sepanjang tahun 2021.  

Berdasarkan laporan triwulanan Sensor Tower "Q2 Store Intelligence Data Digest", Truecaller adalah aplikasi yang paling banyak diunduh kesembilan belas secara global dan keempat belas di Google Play. Laporan tersebut juga menempatkan Truecaller di peringkat ke-15 di seluruh Asia menunjukkan bahwa kehadiran Truecaller sangat kuat di benua ini.

“Asia selalu menjadi wilayah penting bagi Truecaller. Selama beberapa tahun terakhir, India telah menjadi pasar terbesar untuk Truecaller karena pertumbuhan smartphone yang tinggi dan prevalensi spam/scam yang tinggi. Namun, Truecaller juga melihat pertumbuhan yang tinggi di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Semua wilayah ini memiliki beberapa kesamaan: pertumbuhan ponsel cerdas yang tinggi, persentase pengguna Android yang lebih tinggi, dan banyak panggilan spam. Pertumbuhan Truecaller sebagian besar bersifat organik dan dibantu dari mulut ke mulut,” ucapnya.

Baca Juga: Daftar Nama Grup WhatsApp Cewek Kreatif, Unik, Bermakna, Bisa untuk Komunitas atau Kelompok

Rata-rata pengguna bulanan Truecaller pada kuartal ini mencapai 320 juta, meningkat 10 juta pengguna sejak akhir tahun 2021. Pertumbuhan pengguna relatif terbesar pada tahun lalu terjadi di pasar seperti Amerika Selatan, Amerika Utara, dan Asia (tidak termasuk India). Alan melihat potensi kuat untuk pertumbuhan berkelanjutan di pasar baru dan pasar yang sudah ada, terutama di pasar yang menunjukkan pertumbuhan berkelanjutan dalam adopsi ponsel cerdas serta prevalensi tantangan yang dipecahkan Truecaller.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keunggulan Spotify Premium dan Cara Daftarnya

Senin, 26 September 2022 | 12:32 WIB
X