Mau Buat Brand Baru? Begini Cara Cek Trademark Atau Hak Cipta Merek

- Kamis, 23 Juni 2022 | 09:48 WIB
Mau Buat Brand Baru? Begini Cara Cek Trademark Atau Hak Cipta Merek (rawpixel.com)
Mau Buat Brand Baru? Begini Cara Cek Trademark Atau Hak Cipta Merek (rawpixel.com)

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sudah punya nama brand terbaik di pikiran tapi masih belum yakin apakah nama tersebut sudah terdaftar secara hukum atau belum? Dari pada kesulitan kedepanya dan harus mengganti nama brand yang sudah dibangun, ada baiknya untuk cek terlebih dahulu trademark dari nama brand yang ingin kita pilih.

Mengecek ketersediaan trademark ini dinilai cukup penting dalam membangun bisnis baru. Jangan sampai nama merek yang Anda daftarkan nantinya ditolak oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham.

Jangan terburu-buru untuk mendaftarkan brand Anda dengan jasa pendaftaran merek dulu jika belum melakukan riset hak cipta. Karena nantinya Anda akan kelimpungan sendiri sebab harus mencari nama merek yang baru lagi. Bahkan Anda juga bisa terkena gugatan lho bila tidak melakukan cek dan riset tentang hak cipta merek.

Baca Juga: Oppo Reno 7 sampai Reno 7A, Cek Harga dan Daftar HP Oppo Terbaru 2022

Setiap merek dagang di Indonesia diawasi oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual. Akan sangat mudah untuk menggugat seseorang yang mencuri atau memakai nama brand yang sudah ada hak ciptanya. Merek dagang sendiri merupakan identitas dari sebuah dagangan yang pastinya memiliki kualitas yang berbeda-beda di setiap mereknya. Jika suatu merek dagang sudah memiliki nama yang besar karena memiliki kualitas yang baik, namun akhirnya dijiplak merek dagangnya oleh orang lain, maka ini akan merugikan bagi perusahaan tersebut.

Berikut Beberapa Cara Untuk Mengecek Ketersediaan Merek Dagang

Cara mengecek ketersediaan merek dagang ini ada dua cara yaitu melalui online dan juga bisa menggunakan konsultan HKI

Cek Secara Online
Melakukan riset trademark secara online ini sangatlah mudah, Anda cukup bermodalkan laptop dan internet saja. Jika Anda merupakan orang yang praktis, maka cara ini akan sangat cocok untuk Anda karena cukup di rumah atau di kantor saja sudah bisa mengetahui ketersediaan merek dagang. Dibawah ini merupakan langkah dalam mengecek ketersediaan secara online melalui situs yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual:

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X