Apakah Investasi Emas Menguntungkan di Tahun 2022? Ini Kata Ahli!

- Senin, 1 Agustus 2022 | 09:05 WIB
Ilustrasi emas batangan Antam (dok. Republika)
Ilustrasi emas batangan Antam (dok. Republika)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Investasi emas adalah salah satu kegiatan investasi yang punya risiko lebih rendah dibanding instrumen investasi lainnya.

Meski begitu, keuntungannya tidak bisa dibilang rendah ataupun tinggi, bila disandingkan dengan investasi reksa dana dan saham.
Investasi ini menjadi primadona di kalangan investor yang punya profil risiko konservatif. Sifatnya cenderung menghindari risiko yang bisa memicu stres.

Bukan cuma itu, emas juga terbukti lebih tahan banting. Meski keadaan dunia sempat beberapa kali tergoncang, entah karena fenomena alam atau fenomena lainnya.

Baca Juga: Ramalan Zodiak 15 Juni 2022 Libra, Scorpio, Sagitarius: Diam Adalah Emas

Nilainya cenderung naik dan turun secara stabil, tidak ekstrim. Jadi, nggak heran kalau makin banyak investor yang tertarik berinvestasi di instrumen satu ini.

Alasan Emas Banyak Peminat

Selain karena risiko yang lebih rendah, banyak investor khususnya orang Indonesia, kepincut investasi ini karena beberapa alasan berikut:

#1 Mengikuti Jejak Leluhur

Sejak dulu, bahkan sejak sebelum teknologi menginvasi kehidupan kita, manusia sudah sadar betapa emas adalah salah satu aset yang menarik untuk dikoleksi.

Kemudian anggapan ini jadi budaya turun-menurun. Orang-orang kerap merekomendasikan orang lain untuk menginvestasikan uangnya di emas, dalam bentuk batangan atau perhiasan.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kinerja APBN Jawa Barat Mengalami Surplus

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 06:02 WIB
X