Strategi Transformasi BPD: Kunci Talent Tangguh dan Berorientasi Digital

- Kamis, 2 Juni 2022 | 18:35 WIB
Strategi Transformasi BPD: Kunci Talent Tangguh dan Berorientasi Digital
Strategi Transformasi BPD: Kunci Talent Tangguh dan Berorientasi Digital

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Pengembangan sumber daya manusia (SDM) merupakan salah satu agenda pembangunan yang menjadi fokus pemerintah yang tertuang dalam RPJM 2020-2024. Sejalan dengan program pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam Buku Cetak Biru Pengembangan Kompetensi mencanangkan program-program pengembangan kompetensi SDM bidang jasa keuangan guna mengejar financial skill industri keuangan Indonesia. Sebab, dalam hal kompetensi financial skill, Indonesia berada pada peringkat ke-46 jauh tertinggal dibanding beberapa negara Asia lainnya.

Dengan demikian diharapkan seluruh peta arah pengembangan SDM perbankan terintegrasi dan memiliki standar kompetensi yang sama ke depannya. Mengingat Sektor Jasa Keuangan (SJK) menjadi sangat penting mengingat sektor ini merupakan salah satu sektor penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia, dimana menyumbang 15,8% dari total keseluruhan penggerak ekonomi.

Pjs. Direktur Utama LPPI, Edy Setiadi dalam sambutan pembukaan LPPI HC-BPD Conference 2022 mengatakan, pengembangan SDM BPD merupakan kunci utama pengelolaan bisnis BPD yang siap untuk bersaing dengan era bisnis berbasis digital saat ini. Semakin kuat pengelolaan SDM BPD, maka semakin siap bank untuk bersaing secara regional maupun nasional.

Baca Juga: Oppo Reno 7 sampai Oppo Reno 8, Cek Daftar HP Oppo Terbaru versi Juni 2022

LPPI mengusung visi pengembangan SDM industri perbankan, sehingga menghasilkan SDM yang berkualitas  dan siap membangun industri secara regional maupun nasional. BPD menjadi kunci  pengembangan bisnis perbankan daerah yang tangguh dan siap berkompetisi dan sekaligus bersinergi membangun ekonomi daerah. Kolaborasi pengembangan SDM perbankan diharapkan mampu menciptakan Satu Semangat untuk menciptakan SDM yang tangguh dan siap membangun perbankan daerah dan nasional,” papar Edy dalam sambutan pembuka event HC-BPD Conference 2022 dengan tema ‘ONE Spirit in Creating Resilient Regional & National Talent’ bertempat di Hotel Trans Luxury Bandung, Kamis (2/06/2022).

Pjs. Direktur Utama LPPI, Edy Setiadi

LPPI mengajak semua insan BPD harus bersatu dan menyamakan persepsi dan arah pengembangan khususnya SDM BPD yang menyesuaikan dengan Cetak Biru SDM SJK serta menyesuaikan dengan trend dan kekinian di sektor jasa keuangan. “BPD harus terus bertransformasi menciptakan talent yang tangguh dan siap menghadapi berbagai era dan tuntutan bisnis yang berubah cepat. BPD merupakan bank yang mengemban tugas pengembangan daerah sehingga harus menjadi juara di daerah masing-masing,” jelas Edy di hadapan 67 peserta HC-BPD Conference 2022 yang didominasi dari BPD, juga Bank Umum Syariah, dan konvesional.

Untuk diketahui, LPPI telah lebih dari 60 tahun menjadi mitra regulator dan industri keuangan senantiasa turut serta dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia melalui berbagai kegiatan training, seminar & workshop, assessment serta kegiatan consulting di bidang Human Capital (HC) Management mulai dari penyusunan Blue Print HC, Arsitektur Training, Kamus Kompetensi, Kamus Individual Development Plan dan pedoman lainnya terkait HC. Dan BPD adalah mitra strategis LPPI dalam pengembangan sumber daya manusia industri perbankan yang sejalan dengan rencana Cetak  Biru SDM SJK yang diterbitkan oleh OJK.

Baca Juga: HP Samsung Terbaru Periode Juni 2022, dari Samsung A52 hingga Samsung A53

Perkuat Analisis

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

X