6 Tips dan Cara Aman Mengemudi di Sekitar Truk, Termasuk Memberi Isyarat

- Jumat, 29 April 2022 | 15:40 WIB
Ilustrasi tips aman mengemudi di sekitar truk. (Pixabay/Schwoaze)
Ilustrasi tips aman mengemudi di sekitar truk. (Pixabay/Schwoaze)

Terdapat 6 tips atau cara aman mengemudi di sekitar truk, termasuk memberi isyarat untuk kondisi tertentu.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kecelakaan antar-kendaraan pribadi dan truk masih sering terjadi. Peristiwa seperti ini harusnya bisa dihindari jika pengendara memahami karakter dari truk yang membuatnya memiliki banyak keterbatasan, seperti adanya area blindspot.

Dilansir dari Republika.co.id, perlu dipahami bahwa dimensi truk yang besar membuatnya tidak bisa tergesa-gesa dan butuh ruang gerak yang luas ketika bergerak. Selain itu, posisi duduk pengemudi yang tinggi dan pandangan ke belakang yang terhalang bodi membuat sopir truk memiliki blindspot atau area di sekitar kendaraan yang tidak terpantau oleh mata pengemudi.

Baca Juga: Arus Mudik Jalur Selatan Kembali Lancar walau Sempat Pengalihan

Lantas bagaimana caranya jika harus berhadapan atau bekendara bersama truk di jalan? Ricky Martawijaya, Aftersales Division Head Auto2000, berbagi tips.

Inilah tips atau cara aman mengemudi di sekitar truk, termasuk memberi isyarat untuk kondisi tertentu.

1. Jaga jarak aman

Jangan mengikuti truk terlalu dekat, karena mobil Anda tidak terlihat oleh sopirnya. Selain itu, karena terlalu dekat membuat kita tidak memiliki ruang cukup untuk mengintip jalur dari arah berlawanan akibat tertutup bodi truk.

Menjaga jarak aman bukan sekadar memberi ruang gerak bagi truk, namun juga membuat mobil mudah terlihat oleh sopir truk.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X