Frugal Living, Gaya Hidup yang Bantu Kamu Jadi Lebih Hemat!

- Minggu, 8 Mei 2022 | 10:00 WIB
Ilustrasi. Frugal Living, Gaya Hidup yang Bantu Kamu Jadi Lebih Hemat! (Giorgio Trovato)
Ilustrasi. Frugal Living, Gaya Hidup yang Bantu Kamu Jadi Lebih Hemat! (Giorgio Trovato)

JAKARTA – Trend frugal living semakin menjadi semenjak adanya Covid 19, di mana frugal living identik dengan sikap hidup hemat dengan cara mengatur pengeluaran keuangan dengan mempertimbangkan prioritas yang lebih penting. Dengan menerapkan frugal living, tujuan keuangan lebih mudah dicapai.

Bagaimana Konsep Frugal Living?

Frugal Living dapat diartikan sebagai kondisi dimana individu sadar akan pengeluaran dan fokus pada beberapa fokus keuangan berdasarkan skala prioritasnya. Konsep frugal living bukan hanya berfokus pada uang, namun juga makanan, waktu, dan menghindari segala sesuatu yang berlebihan atau boros. Menerapkan gaya frugal living dapat bertujuan untuk mencapai tujuan keuangan atau juga untuk tujuan sejahtera setelah pensiun.

Baca Juga: Memulai Gaya Hidup Minimalis “Less Is More”, Berikut Tipsnya

Bagaimana Menerapkan Konsep Frugal Living Dalam Kehidupan Sehari-Hari?

Rista Zwestika, CFP®, selaku perencana keuangan Finansialku.com membagikan tips yang bisa dilakukan saat ingin menerapkan konsep frugal living.

Pertama, catat pengeluaran. Sebelum kita memulai frugal living, kita harus tahu terlebih dulu kemana uang kita pergi setiap bulannya. Dari situ, kita akan tahu pengeluaran apa saja yang memang tidak perlu, yang bisa kita kurangi atau bahkan dihilangkan.

Kedua, mulai kontrol pengeluaran. Kita bisa pertimbangkan segala pengeluaran kita dengan cukup membeli sesuatu yang lebih penting untuk dibeli terlebih dahulu daripada membeli sesuatu yang dirasa tidak dibutuhkan.

Ketiga, manfaatkan barang-barang layak pakai yang tidak dibutuhkan di rumah. Dengan menjual barang-barang tersebut, kita bisa mendapatkan hasil tersebut untuk disimpan dengan tujuan keuangan kita masing-masing.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X