Nggak Ribet! Yuk Siapkan Keuanganmu Sebelum Mudik!

- Minggu, 24 April 2022 | 11:00 WIB
Siapkan Keuangan sebelum mudik! (Ayobandung.com)
Siapkan Keuangan sebelum mudik! (Ayobandung.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Setelah dua tahun menahan diri untuk tidak bepergian karena pandemi, di Idul Fitri 2022 ini Presiden Jokowi secara resmi memperbolehkan masyarakat untuk mudik.

Tradisi pulang ke kampung halaman sangat umum dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini karena momen Lebaran menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dan bersilaturahmi bersama sanak saudara.

Ada banyak hal yang perlu disiapkan saat ingin mudik Lebaran, salah satu yang paling penting adalah keuangan. Jangan sampai kita mudik tapi tidak bisa kembali lagi ke perantauan karena kondisi keuangan kita yang minus.

Baca Juga: 4 Tips Bijak Kelola Cicilan Pinjaman Online agar Tak Memberatkan Finansial

Menurut Perencana Keuangan Finansialku.com Maryadi Santana, CFP®, QWP®, menganggarkan dana mudik adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

“Karena sudah lama tidak bisa mudik, nah saat ini euforianya sekarang pasti mau ini mau itu. Jadi harus ditulis dulu kebutuhan dan keinginannya. Jangan malas untuk menulis prioritas anggarannya supaya bisa disortir,” ujar Maryadi.

Saat Lebaran, bagi kita yang bekerja biasanya akan mendapatkan gaji ke-13 atau Tunjangan Hari Raya (THR). Maryadi menyampaikan bahwa dalam budgeting mudik, THR ini bisa digunakan sebagai pemasukan anggaran mudik.

“Di dalam cashflow sendiri diketahui ada dua jenis pemasukan, yaitu pemasukan bulanan dan juga tahunan. THR termasuk ke dalam pemasukan tahunan dan mudik juga merupakan kegiatan tahunan. Jadi, penggunaan THR untuk mudik adalah salah satu langkah yang baik agar kita tidak mengganggu cashflow bulanan,” katanya.

Baca Juga: Bulan Ramadhan jadi Momentum Memperbaiki Keuangan Pribadi

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mengenal Lebih Jauh Apa itu Konten Marketing

Minggu, 3 Juli 2022 | 09:58 WIB

Cara Perencanaan Keuangan Bisnis yang Tepat

Jumat, 1 Juli 2022 | 08:05 WIB

Cara Mengoptimalkan Potensi Ekonomi Digital

Selasa, 28 Juni 2022 | 09:49 WIB
X