DJP Jabar Optimis Pendapatan Pajak Tetap Tumbuh Meski Dihantui Omnicron

- Rabu, 23 Februari 2022 | 23:48 WIB
Konferensi pers kinerja APBN Periode Januari TA 2022 Provinsi Jawa Barat, Rabu 23 Februari 2022.
Konferensi pers kinerja APBN Periode Januari TA 2022 Provinsi Jawa Barat, Rabu 23 Februari 2022.

 

AYOBANDUNG.COM - Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Wilayah Jawa Barat tetap optimistis pendapatan pajak tetap tumbuh positif meski dibayangi kekhawatiran dampak kasus Omnicron dan kenaikan harga bahan pokok.

Kepala Kanwil DJP Jawa Barat 1, Erna Sulistyowati mengatakan awal tahun 2022 diwarnai dengan gelombang baru kasus Covid-19 akibat penyebaran dari Varian Omicron. Hal ini perlu diwaspadai karena berpotensi memperlambat aktivitas ekonomi dan akan mempengaruhi penerimaan pajak.

"Meski dilanda Omicron dan kenaikan harga bahan pokok, kami tetap optimis ekonomi akan terus membaik sehingga dapat mendorong pendapatan pajak," ujarnya dalam konferensi pers kinerja APBN Periode Januari TA 2022 Provinsi Jawa Barat, Rabu 23 Februari 2022.

Menurutnya, optimisme pendapatan pajak akan tetap naik karena masyarakat telah banyak beradaptasi di situasi yang belum normal.

Erna menjelaskan penerimaan pajak dari 3 Kanwil DJP di Jawa Barat tercapai sebesar Rp11,04 triliun atau 9,72 persen target APBN, tumbuh 48,79 persen (yoy) didorong pertumbuhan positif komponen Pajak Penghasilan (PPh) sebesar 22,31 persen, Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan PPnBM tumbuh sebesar 22,20 persen, Cukai tumbuh sebesar 196,67 persen dan Bea Masuk tumbuh 169,62 persen.

Penerimaan Pajak Januari 2022 ditopang oleh lima sektor dominan, yakni Sektor Industri Pengolahan, Perdagangan Besar dan Eceran, Real Estate, Konstruksi, serta Sektor Jasa Keuangan dan Asuransi.

"Khusus untuk di wilayah kerja Kanwil Jabar 1, industri pengolahan khususnya tekstil dan makanan memiliki kontribusi cukup besar terhadap pendapatan pajak sehingga perlu dijaga agar tetap tumbuh," katanya.

Demi mendorong pendapatan pajak, pihaknya akan terus gencar melakukan edukasi demi meningkatkan kesadaran dan kepatuhan wajib pajak.

Halaman:

Editor: Dadi Haryadi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X