5 Cara Menghasilkan Uang Lewat TikTok

- Kamis, 20 Januari 2022 | 15:14 WIB
Berbagai hal bisa dilakukan demi mendapat penghasilan. Salah satunya lewat media sosial, seperti cara menghasilkan uang lewat TikTok. (Pixabay)
Berbagai hal bisa dilakukan demi mendapat penghasilan. Salah satunya lewat media sosial, seperti cara menghasilkan uang lewat TikTok. (Pixabay)

Berbagai hal bisa dilakukan demi mendapat penghasilan. Salah satunya lewat media sosial, seperti cara menghasilkan uang lewat TikTok berikut ini. 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — TikTok adalah aplikasi digital berbasis video asal negeri Tiongkok.

Hingga saat ini aplikasi tersebut telah di-download oleh 2.6 miliar orang dengan pengguna aktif lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia. 

Ini menjadikan TikTok sebagai aplikasi tersukses pada saat ini, melewati Facebook. Dari anak muda hingga dewasa sudah familiar dengan aplikasi ini. 
 
Zhang Yiming, mendirikan TikTok pada September 2016. Aplikasi ini mulai booming di Indonesia pada tahun 2018 dan sebagian penggunanya merupakan pelajar sekolah. 
 
 
Kini, setelah kurang lebih berdiri selama 5 tahun, siapa yang tidak mengenal jejaring sosial ini? 
 
Platform digital berlambang notasi ini memberikan banyak fitur. Kita bisa menambahkan latar belakang suara musik pada video yang ingin kita unggah. 
 
Fitur editing videonya juga sangat mudah. Tinggal memilih filter, maka video kita akan berubah dengan otomatis. 
 
Bagi orang yang memiliki kreativitas dalam dunia digital, TikTok dapat menjadi wadah untuk mengembangkan skill tadi.
 
Karya video di aplikasi ini dapat menjadi portofolio tambahan untuk karier digital media Anda. 
 
 
Selain itu, tren TikTok di dunia digital saat ini bisa berpeluang untuk menambah uang jajan dan penghasilan tambahan. 
 
Mendapatkan uang dari aplikasi ini bisa dilakukan dengan berbagai cara. Berikut 5 cara menghasilkan uang lewat TikTok
 
1. Sponsored Content Post 
 
Jika kalian memiliki banyak pengikut, Sponsored Content Post bisa menjadi cara awal yang mudah untuk menghasilkan uang dari sini. 
 
Berbeda dengan YouTube yang memberikan upah lewat iklan AdSensenya, TikTok menggunakan cara yang berbeda. Kalian dapat menjadi influencer TikTok dan membuat postingan untuk mempromosikan brand tertententu. 
 
 
Namun cara ini hanya efektif jika kalian memiliki ribuan followers. Caranya menaikan pengikut bisa dilakukan dengan mengunggah konten menarik, konten yang sedang trending, mengikuti challenge viral, dan konsisten mengunggah konten pada jadwal tertentu. 
 
2. Donasi Koin Saat Live Streaming 
 
Fitur live streaming pada TikTok memungkinkan pengguna untuk melakukan siaran langsung yang dapat disaksikan oleh banyak penonton. Konsepnya mirip seperti Nimo TV atau BIGO Live. 
 
Syaratnya cukup mudah yakni anda harus memiliki pengikut minimal 1000 orang. Dari live streaming ini, penonton dapat memberikan stiker yang nantinya dapat dikonversi menjadi rupiah. 
 
 
Biasanya penonton memberi stiker untuk menghargai usaha sang pembuat konten saat sesi live. Jadi, usahakan untuk membuat konten live yang menarik minat penonton untuk memberi stiker. 
 
3. Jasa Pengelola Akun 
 
Alternatif selanjutnya yaitu dengan menjadi pengelola akun atau akun manager. Cara kerjanya yaitu kalian akan mengelola akun TikTok agar engagementnya naik. 
 
Tujuannya bukan hanya untuk memperoleh followers, tapi juga menggaet akun ternama atau brand perusahaan demi melakukan kolaborasi atau promosi bisnis. 
 
4. Jual-Beli Akun 
 
Konsepnya simpel seperti jual-beli akun media sosial lainnya. Langkah-langkah yang perlu dilakukan yakni membuat akun pada minat yang diinginkan, menaikan jumlah followers, like, jumlah tontonan, dan engagement.  
 
Kemudian bergabung atau membuat komunitas dengan minat yang sama. Setelah terkenal dan memiliki engagement yang bagus, jual ke merk atau perusahaan dengan minat yang sama. 
 
5. Ajakan menggunakan TikTok Lite 
 
TikTok Lite merupakan aplikasi yang sama namun versi lebih ringannya. Cara mendapatkan penghasilan tambahan dari sini cukup membuat akun dan mengajak pengguna lain untuk menggunakan kode referal anda. 
 
Untuk setiap pembuatan akun baru yang menggunakan kode referal, anda akan diberi uang 20.000 rupiah. Selain itu si pengirim kode referal akan diberikan rewards poin yang dapat ditukarkan uang. 
 
 
Total 600.000 poin atau bahkan lebih yang dapat diperoleh dari TikTok Lite ini. 
 
Begitulah lima cara menghasilkan uang lewat TikTok. Semoga membantu. (Naufal Racha A.) 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Blokir WhatsApp Orang Tanpa Diketahui

Kamis, 19 Mei 2022 | 13:16 WIB
X