Ridwan Kamil Mulai Jual NFT, Begini Cara Jual NFT di OpenSea

- Senin, 17 Januari 2022 | 16:11 WIB
Simak cara jual NFT di OpenSea berikut ini. Seiring maraknya marketplace digital berkonsep Non Fungible Token (NFT) seperti OpenSea. (Instagram/ridwankamil)
Simak cara jual NFT di OpenSea berikut ini. Seiring maraknya marketplace digital berkonsep Non Fungible Token (NFT) seperti OpenSea. (Instagram/ridwankamil)
Simak cara jual NFT di OpenSea berikut ini. Seiring maraknya marketplace digital berkonsep Non Fungible Token (NFT) seperti OpenSea.
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Akhir-akhir ini netizen dihebohkan dengan harga foto selfi Ghozali. Pasalnya foto selfi tersebut laku terjual di pasar digital dalam bentuk NFT seharga jutaan rupiah per foto. 
 
Fenomena NFT atau Non Fungible Token adalah aset digital berbasis teknologi blockchain yang sedang naik daun di dunia kripto karena niainya dapat mencapai puluhan juta dollar AS. Di Indonesia pasar NFT semakin populer pada akhir tahun 2021. 
 
Jual beli karya NFT ini dapat dilakukan di beberapa marketplace digital salah satunya seperti OpenSea. Ghozali menjual foto selfinya lewat akun Ghozali Everyday di OpenSea, salah satu fotonya laku dibandrol 31 juta rupiah oleh kolektor. 
 
Gubernur Jabar, Ridwan Kamil juga turut meramaikan fenomena ini. Ia mengaku telah berhasil bereksperimen dengan NFT lewat akun Instagram pribadinya. 
 
Dalam postinganya, ia mengaku telah menjual karya lukisan pelukis jalanan di Braga seharga 8 kali lipat dari harga normal di bursa digital. Lukisan yang biasa dijual 500 ribu, berhasil ia jual seharga 0,09 ETH (Ethereum) atau sekitar 4.2 juta rupiah. 
 
 “Pemprov Jawa Barat mulai tahun 2022 akan membuka akun khusus di salah satu platform digital untuk membantu menjualkan karya pelaku ekonomi kreatif di Jawa Barat menjadi lebih berlipat nilai ekonominya,” ucap Ridwan Kamil lewat IGnya
 
Ia juga vokal dalam mengajak warga untuk mencoba ekonomi digital. Rencananya 26ribu pelajar SMK se Jawa Barat akan diberikan kurikulum Shopee terkait Bisnis Digital. 
 
Dua hari yang lalu, Ridwan Kamil juga sempat menjual Karya NFTnya sendiri. Lukisan Self Potrait dirinya laku terjual di OpenSea dengan harga 1 Ethereum atau 45.9 juta rupiah. 
 
Bagi warga yang ingin mulai mencoba bisnis digital baru ini bisa menyimak cara jual NFT di OpenSea berikut ini. 
 
1. Kunjungi laman OpenSea.io 
 
2. Untuk mendaftar di OpenSea, sebelumnya kamu harus sudah memiliki dompet Ethereum. Contoh dompet yang dapat digunakan adalah Metamask, Trezor One, Exodous, atau Mist. Jika sudah mempunyai dompet, sambungkan ke OpenSea 
 
3. Setelah berhasil, buka profil akun OpenSea kamu kemudian lengkapi data untuk diverfikasi lewat email. 
 
4. Setelah berhasil terverifikasi, kamu sudah bisa menggunggah file digital yang ingin dijual. 
 
5. Klik “create” untuk memasukan file digital yang ingin dijual, lengkapi filenya dengan nama, deskripsi file, serta pilihan lainnya agar menarik minat beli kolektor NFT
 
6. Jika sudah, pilih “sell” untuk menjual file tersebut, masukan harga yang diinginkan, kemudian pilih durasi. Setelah itu pilih “complete listing”. 
 
7. jika ada step-step yang terlewat, nantinya kamu akan diminta untuk melengkapi informasi yang diperlukan. Jika tidak ada yang terlewat, nanti akan muncul keterangan “your NFT is Listed”. 
 
Sekian cara jual NFT di OpenSea. Selamat mencoba bagi yang ingin memulai ekonomi digital. (Naufal Racha A.) 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nggak Ribet! Yuk Siapkan Keuanganmu Sebelum Mudik!

Minggu, 24 April 2022 | 11:00 WIB

Nggak Ribet! Yuk Siapkan Keuanganmu Sebelum Mudik!

Jumat, 22 April 2022 | 10:50 WIB
X