Baterai HP Harus Dicas Minimal Saat 30 Persen, Kenapa?

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 16:40 WIB
Ini alasan kenapa baterai HP harus dicas minimal saat 30 persen. (Pexels/Steve Johnson)
Ini alasan kenapa baterai HP harus dicas minimal saat 30 persen. (Pexels/Steve Johnson)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Temukan jawaban alasan kenapa baterai HP harus dicas minimal saat 30 persen di dalam artikel ini.  Baterai HP merupakan salah satu komponen penting dari Handphone atau smartphone.

Karena begitu pentingnya baterai HP ini,  kita perlu tahu waktu yang tepat untuk ngecas HP. Ada waktu-waktu terbaik untuk ngecas agar perangkat dapat mengisi daya secara optimal serta bikin Hp awet dan tidak mudah rusak.

Kalau begitu kapan waktu yang tepat untuk ngecas HP Yakni ketika daya baterai HP sudah 30 atau 40  persen.  Jangan mengisi daya HP di kisaran 15 persen ke bawah atau menunggu sampai baterai habis. Biasanya juga saat daya baterai sudah tinggal 20 persen akan ada notifikasi bagi penggunanya untuk segera mengisi daya baterai.

Baca Juga: HP 5G Murah Mulai 2 Jutaan, Cek 33 HP Realme Terbaru di 2022

Mengapa baterai HP harus dicas minimal saat 30 persen?  Karena jika Anda sering mengisi daya baterai ketika sudah 15 persen ke bawah, hal tersebut akan menyebabkan umur pakai baterai berkurang dan menjadi cepat habis. Minimal saat mengecas, daya baterai sudah berada di kisaran 30 persen.

Umur pakai baterai biasanya akan optimal selama tiga hingga lima tahun. Atau akan maksimal jika siklus pegisian daya berada di antara 500 hingga 1000 kali.

Selain itu juga, performa baterai lithium akan berkurang jika diisi ketika daya baterai sudah berada di bawah 20 persen atau kosong. Karena baterai berbahan tersebut dapat bekerja secara maksimal jika dayanya berada di tengah-tengah atau minimal 80 hingga 90 persen. Sehingga dianjurkan juga untuk tidak mengisi daya hingga 100 persen.

Baca Juga: 43 HP Oppo Terbaru 5G Murah Harga Mulai 2 Jutaan 2022

Itulah sebagian dari cara ngecas HP yang benar. Hal-hal tersebut perlu kamu lakukan agar baterai HP awet. Karena cara mengisi daya yang benar bisa menjaga performa baterai HP kita agar tak berkurang dan dapat tahan lama.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Keunggulan Spotify Premium dan Cara Daftarnya

Senin, 26 September 2022 | 12:32 WIB
X