Waspadai Tanda Gula Darah Tinggi di Bawah Ketiak, Ini Cirinya

- Kamis, 25 November 2021 | 16:11 WIB
Waspadai tanda gula darah tinggi di bawah ketiak, kenali cirinya sekarang. Coba lihat di bawah ketiak, apakah ada area kulit yang menghitam? ilustrasi (Shutterstock)
Waspadai tanda gula darah tinggi di bawah ketiak, kenali cirinya sekarang. Coba lihat di bawah ketiak, apakah ada area kulit yang menghitam? ilustrasi (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Waspadai tanda gula darah tinggi di bawah ketiak, kenali cirinya sekarang. Coba lihat di bawah ketiak, apakah ada area kulit menghitam? Jika iya, itu bisa menjadi indikator awal diabetes tipe 2. Ini karena kondisi yang disebut acanthosis nigricans.

Sebuah badan amal di Inggris, Diabetes UK, menegaskan bahwa acanthosis nigricans adalah kondisi kulit yang relatif umum yang merupakan salah satu gejala diabetes. Area gelap yang khas muncul di sekitar lipatan kulit di ketiak, leher, selangkangan, dan persendian pada jari tangan atau kaki.

"Selain menjadi lebih gelap, kulit mungkin terasa kasar atau beludru dan kulit mungkin gatal atau berbau," ujar badan amal itu seperti dilansir di laman Express, Kamis (25/11/2021).

Baca Juga: 5 Puisi Hari Guru 2021 Singkat yang Menyentuh Hati dan Sedih untuk anak TK, SD, SMP, SMA

Acanthosis nigricans juga dikaitkan dengan kondisi kesehatan lainnya, seperti kegemukan dan fungsi tiroid kurang aktif. Bisa juga karena menggunakan kortikosteroid atau kontrasepsi oral. Bisa pula karena tumor yang mempengaruhi organ dalam.

Ada gejala diabetes lain yang harus diwaspadai salah satunya tanda gula darah tinggi di bawah ketiak. Namun ada pula tanda yang dapat meliputi rasa haus yang meningkat, sering buang air kecil, meningkatnya rasa lapar, penurunan berat badan yang tidak disengaja, kelelahan, penglihatan kabur, luka yang lambat sembuh, infeksi yang sering terjadi serta mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki.

Mayo Clinic mengatakan, diabetes tipe 2 terutama merupakan hasil dari dua masalah yang saling terkait. Pertama, sel-sel di otot, lemak, dan hati menjadi resisten terhadap insulin, yang berarti mereka tidak mengambil gula (yaitu) glukosa.

Baca Juga: 35 Ucapan Selamat Hari Guru 2021 yang Singkat dan Menyentuh Hati, Cocok untuk Status WA, FB, IG

Kedua, pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang cukup untuk mengatur kadar gula darah. Kerusakan tubuh dari penggunaan glukosa dapat menyebabkan gangguan peredaran darah, saraf, dan sistem kekebalan tubuh. Untuk mengurangi risiko kesehatan yang terkait dengan diabetes tipe 2, diagnosis dini sangat penting.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

22 Daftar HP NFC Murah Desember 2021, Yuk Cek Harganya

Selasa, 30 November 2021 | 16:19 WIB

24 HP Samsung Terbaru Desember 2021, Cek Daftar Harganya

Selasa, 30 November 2021 | 12:00 WIB

Bocoran HP Oppo Terbaru, Bawa Fitur Premium HP Lipat

Selasa, 30 November 2021 | 08:49 WIB

19 HP Vivo Terbaru Desember 2021, Cek Harga Lengkapnya

Senin, 29 November 2021 | 17:44 WIB
X