Menggembirakan, Transaksi E-Commerce Jawa Barat Tertinggi di Indonesia

- Selasa, 23 November 2021 | 18:45 WIB
Perkembangan ekonomi digital Jawa Barat sangat menggembirakan. Buktinya pertumbuhan nilai transaksi e-commerce Jabar tertinggi di Indonesia. (Tangkapan layar)
Perkembangan ekonomi digital Jawa Barat sangat menggembirakan. Buktinya pertumbuhan nilai transaksi e-commerce Jabar tertinggi di Indonesia. (Tangkapan layar)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Perkembangan ekonomi digital Jawa Barat sangat menggembirakan. Kondisi tersebut salah satunya tercermin dari pertumbuhan nilai transaksi e-commerce oleh warga Jabar pada pertengahan triwulan III-2021 yang tumbuh 59,03% dibandingkan tahun 2020.

Tercatat dari 10 provinsi dengan pangsa pasar transaksi terbesar di Indonesia, baik pembelian maupun penjualan melalui marketplace, Jabar menempati posisi teratas.

Jabar posisi pertama dengan transaksi e-commerce terbesar secara nasional. Total transaksi pada pertengahan triwulan III-2021 tercatat mencapai Rp15,02 triliun,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat Herawanto saat membuka kegiatan Local Community Services Pelatihan Digital Marketing bagi UMKM di wilayah Provinsi Jawa Barat sebagai rangkaian dari West Java Economic Society 2021.

Baca Juga: Link Download WhatsApp GB APK 2021 dan Fitur Lengkapnya, Bisa Kirim Pesan Terjadwal

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diselenggarakan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Bandung Koordinator Jawa Barat. Kegiatan ini mengangkat tema Mengajak Potensi Ekonomi, Mendorong Akselerasi Investasi dan Digitalisasi, guna Memajukan Inklusifitas Ekonomi Jawa Barat.

Dikemukakan, transaksi pembelian terbesar yang mengindikasikan permintaan masyarakat Jabar ada di kategori fesyen Rp2,52 triliun, handphone dan aksesoris Rp2,12 triliun, dan personal care and cosmetic Rp1,9 triliun.

“Ini menunjukkan Jabar memiliki peluang yang sangat baik dalam digitalisasi. Tentu harus dilanjutkan untuk memastikan sektor bisnis di berbagai level, termasuk UMKM untuk bertransformasi bisnis secara end to end,” katanya.

Baca Juga: Link Download WhatsApp GB APK Gratis Terbaru 2021, Fitur Menarik, Waspada HP Rusak Data Hilang

Apalagi lanjutnya, digitalisasi memegang peranan penting baik selama masa pandemi, pemulihan ekonomi, maupun perekonomian pada masa mendatang. Bahkan menjadi kunci penting, tidak hanya untuk bertahan tetapi juga berkembang serta menenangkan pertarungan bisnis bagi UMKM.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X