Cara Mencegah Kecelakaan Mobil Berakibat Fatal

- Jumat, 12 November 2021 | 19:54 WIB
Simak cara mencegah kecelakaan mobil berakibat fatal. Tindakan ini akan sangat berguna dan menjagamu selamat saat berkendara. (Pixabay/Tumisu)
Simak cara mencegah kecelakaan mobil berakibat fatal. Tindakan ini akan sangat berguna dan menjagamu selamat saat berkendara. (Pixabay/Tumisu)

Simak cara mencegah kecelakaan mobil berakibat fatal. Tindakan ini akan sangat berguna dan menjagamu selamat saat berkendara.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Nyawa pesohor Vannesa Angel terenggut dalam kecelakaan tunggal pada Kamis (4 November 2021). S

ebelumnya, ia dan suaminya sempat mengunggah story di media sosial instragram saat mereka tengah melakukan perjalanan menggunakan mobil.

Dari story itu, terlihat bahwa aktris berusia 28 tahun itu duduk pada bangku baris kedua tanpa menggunakan sabuk keselamatan atau seat belt. Oleh karena itu, masyarakat perlu mengambil pelajaran dari kejadian ini.

Cara Mencegah Tabrakan Mobil Berakibat Fatal

Training Director Safety Defensive Consultant (SDCI), Sony Susmana mengatakan, saat ini seluruh mobil yang dipasarkan telah dibekali dengan sejumlah fitur keselamatan, termasuk fitur seat belt pada seluruh bangku.

Tentu, seluruh seat belt itu dihadirkan untuk bisa digunakan oleh tiap pengendara saat melakukan perjalanan. "Seat belt adalah fitur primer yang didesain untuk menjaga agar pengendara tetap berada dalam bangku saat kondisi apapun," kata Sony kepada Republika.co.id beberapa waktu lalu.

Artinya, seat belt bisa mengurangi fatalitas saat terjadi kecelakaan. Mengingat, saat terjadi kecelakaan, pengendara sangat berpotensi untuk mengalami dorongan gravitasi atau G-force yang sangat kuat sehingga membuat pengendara bisa terpelanting ke segala arah.

"Tanpa seat belt, pengendara bisa menjadi seperti sebuah biji karambol yang akan terpental kemana-mana apalagi jika mobil terguling. Bahkan, pengendara juga bisa terpental ke luar dari mobil," ujarnya.

Kemungkinan pengendara terpental keluar dari mobil sendiri bisa terjadi meski pintu mobil sedang dalam keaadaan terkunci. Menurutnya, sistem penguncian pintu mobil bisa tak bekerja secara optimal saat mobil mengalami benturan keras yang menimbulkan ubahan struktur dalam sistem pengunci pintu mobil.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Merawat Power Socket pada Sepeda Motor

Rabu, 5 Januari 2022 | 15:40 WIB

Tips Praktis Merawat Motor Matik Keyless

Jumat, 24 Desember 2021 | 10:37 WIB
X