Kualitas Usaha Ultra Mikro 'Naik Kelas' Lewat Program Inkubasi UMi

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 17:52 WIB
Nonoy Nuhasanah, debitur Majalengka, yang mengikuti program inkubasi UMi. (dok. PIP)
Nonoy Nuhasanah, debitur Majalengka, yang mengikuti program inkubasi UMi. (dok. PIP)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pusat Investasi Pemerintah (PIP) menggelar program inkubasi UMi yang menyasar para pelaku usaha berskala ultra mikro. Dalam program ini, PIP mencoba memahami hambatan para pelaku usaha dalam menjalankan usahanya.

Direktur Utama (Dirut) PIP Ririn Kadariyah mengatakan, program ini menargetkan pelaku usaha di skala paling bawah, yang masih berjuang dengan kesejahteraan. Diharapkan, kata dia, usaha mereka bisa lebih berkembang sehingga mereka bisa menopang kondisi perekonomian keluarga.

"Para pelaku usaha mengalami tantangan lebih besar saat pandemi. PIP sebagai badan layanan umum ikut memberikan solusi kepada pelaku usaha, debitur UMi, dalam menghadapi pandemi," ujar Ririn, dalam media gathering virtual, Selasa, 26 Oktober 2021.

Baca Juga: Bjb Sekuritas Jadi Perusahaan Daerah Pertama yang Melantai di Bursa Efek, Ini Kata Ridwan Kamil

Dirut PIP Ririn Kadariyah. (Ayobandung.com/Fira Nursyabani)

Dalam program ini, para pelaku usaha akan mendapatkan banyak fokus materi, di antaranya manajemen keuangan, peningkatan kualitas produk, legalitas usaha dan legalitas produk, serta akses pemasaran. Tentunya program ini juga membantu permodalan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM)

"Pelaku usaha skala kecil biasanya belum melakukan pembukuan, melatih untuk mencatat modal, pendapatan, berapa yang bisa disisihkan untuk konsumsi, membayar cicilan," jelasnya.

Melalui kampanye 'Bersama Sahabat UMi Bangkit,' PIP turut menggandeng mitra usaha dalam menjalankan program inkubasi, yakni Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Brawijaya.

Di Jawa Barat, ada 35 pelaku usaha ultra mikro yang ditangani Pusat Inkubator Bisnis Oorange Unpad. Para pelaku usaha itu tersebar di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Majalengka.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peran bjb Gairahkan Perekonomian Desa Pascapandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:09 WIB
X