340 UMKM Tergabung dalam Binaan Menko Airlangga Hartarto

- Jumat, 8 Oktober 2021 | 19:03 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko), Airlangga Hartarto, membina komunitas UMKM usAHA di Bogor dan daerah lain di Jawa Barat. (Dok. Kemenko Indonesia)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko), Airlangga Hartarto, membina komunitas UMKM usAHA di Bogor dan daerah lain di Jawa Barat. (Dok. Kemenko Indonesia)

LENGKONG AYOBANDUNG.COM — Spanduk bergambar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko), Airlangga Hartarto, tampak terpasang di lokasi-lokasi usaha milik UMKM di Bogor.

Salah satunya di Tauco Karunia Mandiri milik Nunung Anisah (58), di Kelurahan Sindang Rasa, Kecamatan Bogor Tengah.

Dalam spanduk, foto Airlangga Hartarto tertulis sebagai pembina UMKM usAHA. Selain foto Airlangga dan logo UMKM usAHA, spanduk juga bertuliskan pesan ajakan untuk belanja di UMKM dan nama warung/tempat usaha.

Nunung Anisah (58), sang pemilik usaha mengatakan, spanduk bergambar Airlangga terpasang di tempatnya karena ia bergabung dalam komunitas UMKM usAHA yang dibina oleh Airlangga Hartarto.

Awalnya Nunung diajak bergabung oleh teman adiknya, yang lebih dulu bergabung dan menjadi salah satu koordinator UMKM. Nunung kemudian didaftarkan dalam program pelatihan WirausAHA Maju. Ia pun mengikuti proses pelatihan secara online melalui Zoom.

"Dari pelatihan saya mendapat pengetahuan baru tentang cara pemasaran," kata Nunung, Jumat (8 Oktober 2021).

Hal itu dirasa sangat bermanfaat. Pasalnya, saat imbas PPKM, tauco yang biasanya ia jajakan di pasar mulai sepi pembeli.

"Biasanya saya jual ke Pasar Ciawi, ke Pasar Bogor (Sukasari), sama ke warung-warung. Tapi sekarang sepi," ujarnya. Karena itu Nunung ingin memperluas pemasarannya dengan cara berjualan online.

Selepas mengikuti pelatihan, dan ikut bergabung dalam komunitas, selang beberapa hari kemudian ia dikirimi spanduk UMKM usAHA bergambar foto Airlangga Hartarto, untuk dipasang di lokasi usahanya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peran bjb Gairahkan Perekonomian Desa Pascapandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:09 WIB
X