Cara Mengecek Uang Asli dan Uang Palsu, Efektif agar Tidak Tertipu

- Rabu, 6 Oktober 2021 | 15:32 WIB
[Ilustrasi uang rupiah] Cara mengecek dan membedakan uang asli dengan uang palsu, yang bisa dilakukan untuk menghindari dan mengantipasi peredaran uang palsu. (Pixabay/Mohamad Trilaksono)
[Ilustrasi uang rupiah] Cara mengecek dan membedakan uang asli dengan uang palsu, yang bisa dilakukan untuk menghindari dan mengantipasi peredaran uang palsu. (Pixabay/Mohamad Trilaksono)

Begini cara mengecek dan membedakan uang asli dengan uang palsu, yang bisa dilakukan untuk menghindari dan mengantipasi peredaran uang palsu.

BUNGURSARI, AYOBANDUNG.COM — Uang merupakan alat pembayaran yang sah dari sebuah negara. Uang juga memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Saking pentingnya peran dari uang, maka tak heran jika banyak orang yang menyalahgunakan dengan membuat uang palsu (upal). Untuk itu, masyarakat kiranya sangat penting untuk mengetahui cara mengecek dan membedakan uang asli dengan uang palsu.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) melalui Bank Indonesia (BI) mengeluarkan mata uang Rupiah sebagai alat pembayaran yang sah di Indonesia. Untuk membedakan uang asli dan uang palsu, BI pun telah membeberkan caranya melalui laman resminya.

Dilansir Ayotasik.com, berikut ini cara untuk mengecek dan membedakan uang asli dengan uang palsu.  

Ciri-ciri Keaslian Uang Rupiah

  1. Bahan baku uang kertas rupiah bahan serat kapas
  2. Benang pengaman

Terdapat benang pengaman seperti dianyam pada uang kertas rupiah pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, dan Rp20 ribu. Khusus untuk pecahan Rp100 ribu dan Rp50 ribu akan berubah warna bila dilihat dari sudut pandang tertentu.

Terdapat benang pengaman yang tertanam di kertas uang pada pecahan Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu, dan Rp1.ribu.

  1. Tanda air (watermark)

Terdapat watermark pada semua pecahan uang kertas berupa gambar pahlawan. Pada pecahan Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, dan Rp10 ribu ada electrotype yang berupa logo BI dan ornamen tertentu yang akan terlihat jika diterawang ke arah cahaya.

  1. Desain

Setiap uang kertas rupiah memiliki desain, ukuran, dan warna uang yang terlihat terang, jelas, dan spesifik atau khusus, sehingga secara kasat mata mudah dikenali.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Peran bjb Gairahkan Perekonomian Desa Pascapandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:09 WIB
X