Tidak Bisa Scan di Aplikasi PeduliLindungi? Lakukan 4 Cara Sederhana Ini

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 15:44 WIB
ilustrasi -- Terdapat seorang warganet yang memberikan testimoni aplikasi PeduliLindungi. Testimoni yang ia berikan berupa bintang satu atau buruk. (Kominfo)
ilustrasi -- Terdapat seorang warganet yang memberikan testimoni aplikasi PeduliLindungi. Testimoni yang ia berikan berupa bintang satu atau buruk. (Kominfo)

Apabila tidak bisa scan atau memindai ketika menggunakan aplikasi PeduliLindungi, maka cobalah empat cara sederhana di bawah ini.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Kini Pemerintah mewajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk hal-hal tertentu, seperti masuk mal, ke supermarket, ke tempat wisata.  

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dibuat dan dikembangkan untuk membantu pemerintah dalam melacak dan menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) di Indonesia.

PeduliLindungi menyaratkan pengguna yakni masyarakat untuk saling berbagi lokasi saat akan bepergian, sehingga aplikasi dapat menelusuri riwayat penderita Covid-19 di suatu daerah guna meminimalisir penambahan kasus.
 
Namun, tak sedikit kejadian error atau terdapat masalah ketika menggunakan aplikasi ini, salah satunya tidak bisa scan di PeduliLindungi.
 
Agar masalah tersebut dapat teratasi, maka bisa menerapkan lima cara sederhana di bawah ini:
 
1. Login Secara Berkala
 
Restart atau dengan cara login (masuk) terlebih dahulu lalu logout (keluar) secara berulang kali. Karena dengan keluar masuk PeduliLindungi secara berulang-ulang, maka aplikasi akan respons secara otomatis dan membuat fitur QR Code berfungsi seperti sedia kala.
 
2. Membersihkan Data Cache
 
Dengan membersihkan data cache, maka otomatis akan membuat ruang penyimpanan di ponsel kembali kosong. Hal ini bisa mempengaruhi kinerja PeduliLindungi menjadi lebih ringan.

3. Menutup Aplikasi di Background

Sebelum scan QR Code di aplikasi PeduliLindungi, pastikan tidak ada aplikasi yang masih berjalan di bagian background ponsel. Karena, hal tersebut akan memperberat kinerja PeduliLindungi.

4. Memperbarui Aplikasi
 
Selalu update atau memperbarui aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru, karena dalam update ini tentu ada fitur-fitur tambahan dan hal-hal yang diperbaiki.
 
 
Itulah empat cara sederhana yang bisa ditempuh ketika tidak bisa scan di aplikasi PeduliLindungi. Semoga berhasil. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X