Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman dan Berkualitas

- Kamis, 30 September 2021 | 15:40 WIB
[Ilustrasi mobil bekas] Berikut tips membeli mobil bekas yang aman dan berkualitas. Pelajari hal-hal penting yang perlu diketahui agar tak salah beli. (Pixabay/Ryan McGuire )
[Ilustrasi mobil bekas] Berikut tips membeli mobil bekas yang aman dan berkualitas. Pelajari hal-hal penting yang perlu diketahui agar tak salah beli. (Pixabay/Ryan McGuire )

Berikut tips membeli mobil bekas yang aman dan berkualitas. Pelajari hal-hal penting yang perlu diketahui agar tak salah beli.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Mendapat mobil bekas berkualitas adalah dambaan semua orang. Tentunya ada tips membeli mobil bekas yang aman sehingga dapat mobil yang diinginkan.
 
Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai hal-hal penting yang perlu diketahui sebelum membeli mobil bekas.
 
Mendapatkan mobil bekas dengan kondisi prima tentu menjadi kebanggaan tersendiri, terlebih harga mobil tersebut sangat bersahabat dengan isi kantong.
 
Namun, membeli mobil bekas yang berkualitas tidak hanya dilihat dari tampilan luar mobil, mesin yang masih bertenaga atau karena harga yang semakin miring.
 
Calon pembeli juga mesti mengecek dokumen-dokumen keaslian kendaraan seperti BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
 
Sebelum pergi ke dealer mobil, alangkah baiknya mempelajari tips penting sebelum membeli mobil bekas:
 
1. Amati Bagian Bawah

Periksa bagian bawah mobil dan pastikan keadaannya masih prima dan fit. Tanya kepada penjual mengenai sejarah penggunaan mobil berdasarkan pengamatan komponen mobil di bagian bawah. Sehingga nanti tahu, apakah mobil masih dengan komponen originalnya atau telah mengalami perbaikan besar-besaran.
 
2. Periksa Bodi Mobil

Bila lebih jeli melihat bodi mobil, maka calon pembeli bisa membedakan mana bodi asli dan hasil metode ketok magic. Hasil ketok magic akan terlihat pada garis-garis simetris dalam lekukan bodi, tentunya ini 100% tidak sama persis seperti sedia kala.
 
3. Periksa Cat Mobil
 
Ketika memeriksa bodi mobil, maka otomatis akan mengamati cat mobil. Bila mobil dicat ulang, maka akan terlihat bagian warna yang berbeda karena tertimpa oleh warna sebelumnya.
 
Namun, jika masih sulit membedakan warna cat mobil, calon pembeli bisa menelusuri setiap sudut mobil menggunakan jari. Rasakan tiap cat mobil apakah ada bagian kasar atau tidak, karena bisa jadi hal tersebut adalah bekas lakban untuk menutup saat dicat ulang.

4. Cermati dan Periksa Mesin Mobil

Memeriksa mesin mobil adalah hal penting lain selain tampilan mobil. Langkah sederhana bisa dilakukan dengan mencermati apakah ada noda oli pada blok mesin atau tidak. Jika ada, maka besar kemungkinan ada kebocoran di sana, dan akan menambah biaya besar untuk memperbaikinya.
 
Tak hanya itu, jika hal tersebut diabaikan nantinya bisa berakibat pada mesin mobil yang mudah panas.
 
5. Amati Kaca Mobil Bagian Depan dan Belakang

Ada trik sederhana yang ampuh dalam memeriksa kaca mobil bagian depan dan belakang. Cukup dengan semprotkan air pada kaca, maka hasilnya bisa terlihat. Jika pemasangan kaca tidak sesuai dengan tempatnya, maka air yang disemprot akan merembes ke bagian lain.
 
6. Test Drive
 
Langkah ini adalah langkah paling aman dan dapat memastikan secara keseluruhan mengenai kondisi mobil bekas. Langkah ini juga bisa lebih meyakinkan untuk membeli mobil tersebut atau tidak.

Cek Keaslian Dokumen

Setelah memastikan kondisi mesin dan tampilan mobil tetap dalam kondisi prima, kini saatnya memeriksa kelengkapan dan keaslian dokumen-dokumen mobil. Berikut caranya:
  • BPKB
Pastikan seluruh cap dan pengesahan tanda tangan resmi di dalam BPKB semuanya berasal dari Polda atau Polisi Daerah. Ingat juga untuk mengecek cap dan tanda tangan asli, biasanya yang asli disertai hologram.
 
Untuk cek keaslian hologram, cukup letakkan halaman yang berhologram di bawah cahaya terang, misalnya sinar matahari. BPKB asli akan terlihat garis-garis halus pada hologram yang menyatu dengan kertas.
  • STNK
STNK juga terdapat hologram, pengesahan dan tanda tangan serta cap yang asli, sama seperti di BPKB. Jadi, setelah tahu cara mengecek keaslian BPKB, maka bisa diterapkan ketika memeriksa STNK.

Mulai jenis kendaraan, merek, warna, kapasitas mesin, sampai nomor Polisi. Biasanya juga terdapat hologram di STNK beserta cap dan tanda tangan pengesahan. Keaslian tinta dapat dilihat secara kasat mata sama dengan BPKB.
  • Noka (Nomor Rangka)
Nomor rangka mobil yang asli akan sama persis seperti yang tertera pada BPKB dan STNK.  Caranya mudah untuk mengetahui noka ini, yakni cukup dengan buka kap mesin. Setiap mobil memiliki letak noka yang berbeda. Tapi, tak jarang pula noka mobil dapat terlihat di atas bumper depan.
  • Nosi (Nomor Mesin)
Nosi juga harus sama seperti yang ada di BPKB dan STNK. Sama seperti Noka, posisi Nosi juga berbeda-beda di setiap mobil. Tapi, ini adalah bagian penting lain yang mesti diperiksa agar tak menjadi masalah di kemudian hari.
 

Demikian informasi lengkap seputar tips membeli mobil bekas yang aman dan berkualitas. Silakan dipelajari agar tak keliru dalam membeli mobil. Selamat mencoba. [*]
 

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Merawat Power Socket pada Sepeda Motor

Rabu, 5 Januari 2022 | 15:40 WIB

Tips Praktis Merawat Motor Matik Keyless

Jumat, 24 Desember 2021 | 10:37 WIB
X