Didemo Eks Karyawan, KAI Klaim Berikan Hak Pensiunan Sesuai Aturan

- Selasa, 28 September 2021 | 20:57 WIB
PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengklaim telah memberikan hak kepada para pensiunan karyawannya sesuai dengan aturan yang berlaku. (Dok PT KAI)
PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengklaim telah memberikan hak kepada para pensiunan karyawannya sesuai dengan aturan yang berlaku. (Dok PT KAI)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) mengklaim telah memberikan hak kepada para pensiunan karyawannya sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sebelumnya, Perkumpulan Persaudaraan Pensiunan KAI (P2KA) melakukan unjuk rasa atau aksi demo di depan Kantor Pusat PT KAI di Jl Perintis Kemerdekaan, Kota Bandung, Selasa (28/9/2021). Mereka mendesak agar PT KAI membayar tunjangan kesehatan, THR, dan gaji ke-13 kepada para pensiunan.

VP Public Relations PT Kereta Api Indonesia (Persero) Joni Martinus menyayangkan adanya kegiatan unjuk rasa dari eks karyawan PT KAI.

Baca Juga: Kurang Tidur Bisakah Tubuh Memulihkan Diri? Ini 6 Tipsnya

"PT KAI sudah bertemu dengan pihak P2KA untuk membuka ruang diskusi. PT KAI sudah menawarkan untuk membentuk tim bersama dengan pihak P2KA untuk membahas berbagai harapan yang disampaikan dan mencari win-win solution. Tapi hal tersebut ditolak oleh pihak P2KA," kata Joni dalam keterangan pers yang diterima Ayobandung.com, Selasa (28/9/2021).

Joni mengatakan, harapan eks karyawan PT KAI tersebut terkait pemberian jaminan kesehatan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) belum dapat PT KAI laksanakan karena yang berhak menerima tunjangan kesehatan adalah mereka yang telah melakukan iuran dengan masa kerja 15 tahun.

"Berdasarkan hasil evaluasi program jaminan kesehatan pensiunan, terdapat sekitar 1.200 orang pensiunan yang tidak memenuhi syarat sebagai penerima manfaat jaminan kesehatan. Sehingga sejak tahun 2019, manfaat jaminan kesehatan kepada yang tidak memenuhi syarat tidak diberikan kembali," katanya.

"Sedangkan kebijakan terkait pemberian THR dan Gaji ke-13 tidak diberikan oleh KAI, mengingat berdasarkan peraturan perundang-undangan bahwa Perusahaan wajib memberikan THR dan/atau Gaji ke-13 kepada pekerja aktif, bukan kepada pensiunan," katanya.

Baca Juga: 12 Rekomendasi HP Murah Spek Dewa 1 Jutaan Terbaik 2021

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada Penipuan Mengatasnamakan bank bjb

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:41 WIB

Saham Teknologi Terus Dilirik Investor

Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:07 WIB

5 Usaha Ini Diprediksi Laris Manis Setelah Pandemi

Jumat, 8 Oktober 2021 | 14:57 WIB

bank bjb Raih Tiga Penghargaan TOP GRC Awards

Kamis, 7 Oktober 2021 | 17:31 WIB

Ciri UMKM Lolos Jadi Penerima BLT BPUM Oktober 2021

Senin, 4 Oktober 2021 | 21:12 WIB
X