Driver Online di Eropa Berstatus Karyawan, Bagaimana Nasib Ojol Gojek dan Grab?

- Rabu, 22 September 2021 | 20:58 WIB
[Ilustrasi driver atau sopir] Para driver online di Eropa, atau biasa disebut  (Pixabay/Skica911 )
[Ilustrasi driver atau sopir] Para driver online di Eropa, atau biasa disebut (Pixabay/Skica911 )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Para driver online di Eropa, atau biasa disebut "Gig", kini sedang bersuka cita usai mendapatkan kepastian nasib jadi karyawan.

Titik cerah nasib mereka mencuat di Belanda, seiring Pengadilan Distrik Amsterdam memutuskan bahwa pengemudi Uber adalah karyawan, bukan lagi pekerja lepas atau freelance.

Dalam serentetan keputusan reklasifikasi pekerjaan terbaru di seluruh Eropa, pengadilan juga menyatakan bahwa perjanjian kerja bersama sektoral (CAO Taxivervoer) akan berlaku untuk pengemudi Uber.

Keputusan itu akan berpengaruh terhadap persyaratan gaji dan beberapa tunjangan. Selain itu, Uber mungkin harus mematuhi CAO dan membayar kembali upah kepada pengemudi dalam beberapa kasus.

Berkat kebijakan itu, dapat disimpulkan, para pengemudi aplikasi online tidak akan lagi menggantungkan seluruh nasibnya hanya kepada pesanan konsumen semata, tanpa mendapat kepastian dari perusahaan terkait.

Kasus untuk perubahan status para driver online itu sebetulnya telah diajukan tahun lalu, oleh FNV (Federatie Nederlands Vakbeweging), sebuah federasi dan salah satu serikat pekerja paling aktif di Belanda yang mewakili pekerja platform.

Kemenangan kasus tersebut mengikuti kemenangan dari kasus sebelumnya di pengadilan yang lebih rendah dalam para kurir online melawan Deliveroo, dengan pengadilan juga memutuskan bahwa pengendara pengiriman adalah karyawan.

Namun, menurut laporan socialeurope.eu, sejalan dengan tren perusahaan besar di Eropa, Uber dan Deliveroo mengajukan banding atas penilaian tersebut.

Bagaimana Nasib Ojol Gojek dan Grab?

Para ojek online (ojol) di Indonesia sebetulnya pernah menyuarakan perubahan status, dengan aksi dem0 pada 15 Januari 2020.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada Penipuan Mengatasnamakan bank bjb

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:41 WIB

Saham Teknologi Terus Dilirik Investor

Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:07 WIB

5 Usaha Ini Diprediksi Laris Manis Setelah Pandemi

Jumat, 8 Oktober 2021 | 14:57 WIB

bank bjb Raih Tiga Penghargaan TOP GRC Awards

Kamis, 7 Oktober 2021 | 17:31 WIB

Ciri UMKM Lolos Jadi Penerima BLT BPUM Oktober 2021

Senin, 4 Oktober 2021 | 21:12 WIB
X