Kriteria Pasti Ditolak BLT UMKM BPUM, Awas Anda Termasuk!

- Senin, 20 September 2021 | 21:17 WIB
[Ilustrasi BLT UMKM atau BPUM] Kriteria pemilik NIK KTP tertentu sudah dipastikan ditolak BLT UMKM BPUM. And sebaiknya tahu detail lengkapnya, agar  tidak menyesal. (Pixabay/Ronny Sefria)
[Ilustrasi BLT UMKM atau BPUM] Kriteria pemilik NIK KTP tertentu sudah dipastikan ditolak BLT UMKM BPUM. And sebaiknya tahu detail lengkapnya, agar tidak menyesal. (Pixabay/Ronny Sefria)

Kriteria pemilik NIK KTP tertentu sudah dipastikan ditolak BLT UMKM BPUM. Anda sebaiknya tahu detail lengkapnya, agar tidak menyesal.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) mengakui, ada beberapa kendala dalam penyaluran Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM). Di antaranya terkait pemrosesan data.

Deputi Usaha Mikro Kemenkop UKM Eddy Satria mengatakan, penyaluran BPUM pada 2020 menghadapi kendala, karena ada penerima bantuan yang sudah ambil BPUM namun mengajukan lagi. Kemudian masih ditemukan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan anggota Polri turut menerima banpres.

"Tapi sudah langsung kita blokir dan kita kerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara," ujar Eddy dalam konferensi pers virtual, Senin (20 September 2021). ia menyebutkan, ada 36 ribu lebih rekening ASN, TNI, serta Polri yang diblokir.

Ia berharap, ke depannya penyaluran BPUM tidak menghadapi masalah serupa. "Penyaluran (BPUM) pada 2020 memang terdapat sejumlah masalah karena sangat mepet waktunga saat itu," kata dia.

Dalam Peraturan Menteri Koperasi (Permenkop) Nomor 2 Tahun 2021 dan petunjuk teknis, sambungnya, kriteria penerima BPUM sudah sangat jelas. Di antaranya penerima merupakan pelaku usaha mikro yang sedang tidak menerima Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Lalu sementara dalam satu keluarga kami berikan bantuan kepada satu orang dulu. Sebenarnya sampai saat ini tidak ada batasan satu keluarga yang terima bantuan berapa orang, tapi karena masih banyak orang-orang yang belum terima BPUM ini, maka kami prioritaskan satu dulu," jelasnya.

Ke depan, kata Eddy, Kemenkop siap bila Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memperpanjang program BPUM.

"Misal dimintakan lagi, kami siap karena masih banyak pelaku mikro yang terdampak pandemi cukup berat terutama mereka yang berada di daerah penerapan PPKM ketat," tegas Eddy, dilansir republika.co.id.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada Penipuan Mengatasnamakan bank bjb

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:41 WIB

Saham Teknologi Terus Dilirik Investor

Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:07 WIB

5 Usaha Ini Diprediksi Laris Manis Setelah Pandemi

Jumat, 8 Oktober 2021 | 14:57 WIB

bank bjb Raih Tiga Penghargaan TOP GRC Awards

Kamis, 7 Oktober 2021 | 17:31 WIB

Ciri UMKM Lolos Jadi Penerima BLT BPUM Oktober 2021

Senin, 4 Oktober 2021 | 21:12 WIB
X