5 Tips dan Cara Menabung yang Benar, Dijamin Cepat Kaya di Usia Muda

- Kamis, 9 September 2021 | 14:50 WIB
Berikut ini 5 tips dan cara menabung yang benar, terbukti bikin orang cepat kaya. (Unsplash/Damir Spanic)
Berikut ini 5 tips dan cara menabung yang benar, terbukti bikin orang cepat kaya. (Unsplash/Damir Spanic)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Ada banyak sekali tips dan cara menabung yang benar sehingga bisa membantu Anda cepat kaya. Menabung merupakan salah satu kegiatan yang bisa bermanfaat di masa yang akan datang. Dengan menabung, Anda bisa mencapai tujuan finansial yang telah ditetapkan.

Namun, untuk bisa melakukan hal ini tidaklah mudah karena akan ada banyak sekali  hal-hal yang membuat Anda menggunakan uang tanpa meninggalkan sisa agar bisa ditabung. Bahkan tidak jarang ada yang tidak disiplin sehingga jarang untuk menabung. Padahal kegiatan menabung ini wajib dilakukan oleh semua orang dan tidak terbatas apakah mereka sudah kaya atau tidak.

Inilah beberapa cara yang bisa membantu Anda untuk bisa berhemat dan memenuhi target finansial apabila sudah memilikinya. Bahkan menabung merupakan salah satu bentuk investasi yang sederhana sehingga bisa dilakukan oleh anak-anak muda sekalipun. Apalagi dengan menabung Anda bisa mempergunakan uang tersebut untuk hal darurat.

Baca Juga: Tips Menabung Emas di Pegadaian sebagai Investasi Masa Depan

  1. Menentukan tujuan pembuatan tabungan

Salah satu langkah yang bisa Anda lakukan yang termasuk di dalam tips menabung harian adalah menentukan tujuan dari pembuatan tabungan tersebut. Dengan adanya tujuan ini maka bisa membuat diri menjadi lebih termotivasi sehingga menjadi disiplin dalam menyisihkan uang. Bahkan dengan ada tujuan ini bisa membantu Anda membiasakan diri untuk menabung

Dengan menetapkan tujuan maka Anda bisa mengingat untuk apa uang tersebut digunakan. Nantinya, ketika memiliki uang, Anda tidak menggunakannya secara berlebihan karena mengingat adanya tujuan dari tabungan tersebut. Karena itu, ketika Anda telah menentukan sebuah tujuan untuk membuat tabungan maka jangan lupa menuliskannya dan tempelkan di tempat yang bisa terlihat setiap hari.

  1. Menentukan target waktu dan angka untuk menabung

Cara menabung cepat lainnya yang bisa Anda lakukan adalah menetapkan seberapa lama ingin menabung uang dan berapa setiap harinya Anda menyisihkan uang. Tentunya cara ini bisa dilakukan ketika Anda menabung agar bisa membeli sebuah barang. Ada baiknya sebelum menabung Anda bisa mendapatkan gambaran kasar berapa harga dari barang yang diincar.

Kemudian tetapkan waktu seberapa lama uang bisa terkumpul sehingga setiap harinya Anda harus menyisihkan uang agar tabungan tersebut penuh sesuai waktunya. Kemudian jangan lupa menetapkan berapa uang yang harus di sisi setiap harinya agar tabungan tersebut bisa penuh. 

Dengan menetapkan waktu seperti ini maka Anda bisa termotivasi untuk menabung setiap harinya, bahkan dengan langkah seperti ini bisa menimbulkan sikap disiplin dalam kegiatan ini. Karena salah satu tantangan dalam kegiatan menabung adalah orang-orang hanya melakukannya 1 hari atau 2 hari pertama saja. Namun selanjutnya mereka enggan menyisihkan uang sehingga tabungan tersebut tidak pernah terkumpul.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Waspada Penipuan Mengatasnamakan bank bjb

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:41 WIB

Saham Teknologi Terus Dilirik Investor

Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:07 WIB

5 Usaha Ini Diprediksi Laris Manis Setelah Pandemi

Jumat, 8 Oktober 2021 | 14:57 WIB

bank bjb Raih Tiga Penghargaan TOP GRC Awards

Kamis, 7 Oktober 2021 | 17:31 WIB

Ciri UMKM Lolos Jadi Penerima BLT BPUM Oktober 2021

Senin, 4 Oktober 2021 | 21:12 WIB
X