Manfaat Memanaskan Mesin Mobil Teratur: Mengisi Daya Aki sampai Menghindari Aus

- Rabu, 1 September 2021 | 23:42 WIB
[Ilustrasi] Manfaat memanaskan mesin mobil secara teratur ternyata cukup banyak  Mulai dari mengisi daya aki sampai menghindari mesin aus. (Pixabay/Ryan McGuire)
[Ilustrasi] Manfaat memanaskan mesin mobil secara teratur ternyata cukup banyak Mulai dari mengisi daya aki sampai menghindari mesin aus. (Pixabay/Ryan McGuire)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Manfaat memanaskan mesin mobil secara teratur ternyata cukup banyak 

Pada mobil modern, tidak memanaskan mobil setiap hari tidak menimbulkan risiko kerusakan pada kendaraan. Meski demikian, bila kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan, pemilik dengan sendirinya ikut menjaga keawetan dapur pacu.

Apalagi, seperti dikutip dari suara.com, mobil modern memang tetap perlu dipanaskan. Ada sederet benefit diperoleh dengan melakukan kegiatan rutin ini. Adapun tujuannya adalah:

Menghindari Kebocoran Kompresi

  • Alasan pertama tetap butuh memanaskan kendaraan adalah menghindari terjadinya kebocoran kompresi. Beberapa komponen mesin sengaja tidak dibuat presisi namun jika terkena panas maka posisinya akan lebih presisi.
  • Nah, apabila mesin mobil tidak dinyalakan dalam waktu yang lama, komponen yang tidak presisi ini akan menjadi sumber kebocoran. Apabila kebocoran sudah terjadi maka nantinya akan menciptakan masalah di ruang bakar.

Menghindari Mesin Aus

Baca Juga:Haruskah Melakukan Engine Flush Setiap Kali Ganti Oli Mesin?

  • Setiap komponen mesin membutuhkan oli sebagai pelumas ketika bergerak. Ketika mobil tidak dipanaskan maka bagian celah mesin akan mengering.
  • Ironisnya, oli hanya ada di tempat tampungan saja tanpa melumasi semua bagian mesin.
  • Dampaknya, mesin akan cepat aus. Jika hal ini terjadi, akan menimbulkan suara berisik ketika mesin dinyalakan.
  • Tak hanya itu, kerusakan komponen mesin pun kerap kali terjadi karena gesekan antara mesin yang terjadi akibat oli kering.

Mengisi Daya Aki

  • Tak hanya soal mesin, mobil juga membutuhkan listrik untuk menyalakan lampu dan beberapa fitur lainnya. Aki yang menjadi komponen untuk menyimpan daya lama-kelamaan akan melemah jika mesin mobil tidak dinyalakan dalam waktu lama.
  • Alasan memanaskan mobil adalah supaya daya listrik yang tersimpan dalam aki akan meningkat. Karena daya ini akan berkurang jika mesin tidak dinyalakan.

Kini cara memilih waktu yang tepat untuk memanaskan mobil. Kegiatan memanaskan kendaraan di rumah memang perlu dilaksanakan, namun tidak wajib setiap hari.

Pemilik bisa melakukannya dengan menyesuaikan tipe kendaraan. Jika kendaraan yang dimiliki memiliki mesin non injeksi atau konvensional maka tak perlu setiap hari.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Membeli Mobil Bekas yang Aman dan Berkualitas

Kamis, 30 September 2021 | 15:40 WIB

Merokok di Dalam Mobil Berbahaya, Ini 3 Alasannya!

Senin, 27 September 2021 | 18:17 WIB

Cara Urus Balik Nama Motor: Ini Syarat dan Biayanya

Rabu, 8 September 2021 | 15:07 WIB
X