Gaya Hidup Gen Z: Belanja Aman dan Nyaman Pakai QRIS Lewat BRImo di HP

- Rabu, 7 Juni 2023 | 15:36 WIB
Pakai Qris, Dapat Banyak Diskon Tanpa Ribet, Begini Cara Lengkap Pendaftarannya! (tangkap layar Qris.id)
Pakai Qris, Dapat Banyak Diskon Tanpa Ribet, Begini Cara Lengkap Pendaftarannya! (tangkap layar Qris.id)

AYOBOGOR.COM -- Hunafa Ainun Hasanah punya hobi nongkrong di Coffee Shop dan belanja item fashion terkini. Sebagaimana anak muda di perkotaan, gadis kelahiran 2003 itu cenderung memiliki gaya hidup cashless. Ia jarang membawa uang tunai dalam jumlah besar saat pergi ke mana-mana.

Menurutnya, sekarang bukan zamannya lagi orang harus memenuhi dompet dengan uang tunai. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bertransaksi tanpa harus menggunakan uang tunai. Bisa lewat kartu debit, kredit, transfer via mobile banking, sampai menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

"Saya sering pakai QRIS biasanya untuk bayar kalau nongkrong di kopi shop atau beli baju," kata Ainun pada Ayobandung.com, Rabu, 7 Juni 2023.

Sebagai nasabah Bank BRI, Ainun termasuk pengguna BRImo yang sering memakai QRIS untuk membayar segara keperluannya. Sejak memiliki rekening BRI pada Agustus 2021, ia merasa bisa bertransaksi lebih nyaman dan aman lewat QRIS.

"Kan pakai QRIS itu gampang banget ya. Tinggal pencet pencet, pembayarannya sudah selesai," ungkap Ainun.

Ia mengaku sama sekali belum pernah merasakan kendala saat hendak membayar sesuatu menggunakan QRIS. Malah, pembayaran jadi lebih mudah dan angkanya tepat sesuai dengan tagihan yang diberikan.

"Jadi meskipun nominal yang harus kita bayar ada angka pecahan kecilnya, tetap bisa pas. Jadi nggak harus nunggu kembalian atau ada kelebihan pembayaran," ungkap Ainun.

Mahasiswi Universitas Subang (Unsub) itu mengaku sangat terbantu dengan adanya QRIS. Terutama untuk menunjang gaya hidup cashless yang saat ini sedang banyak digandrungi kaula muda.

Menurutnya, saat ini sudah banyak merchant dan toko yang menyediakan QRIS. Dimana semuanya bisa diakses lewat BRImo.

Hal tersebut dibenarkan oleh Farli Rifaldi (22). Pemuda yang pernah bekerja sebagai sales itu merasakan berbagai manfaat dari fasilitas QRIS melalui BRImo. Apalagi bagi dirinya yang sering bepergian ke pelosok daerah.

"Saya kan sering ngirim-ngirim barang ke desa. Jadi kadang kalau di jalan atau di mana nggak bawa uang kes suka tertolong sama QRIS lewat aplikasi BRImo," ujar pemuda kelahiran 2001 itu.

Pembayaran pajak kendaraan di Samsat Subang dengan scan QRIS.
Pembayaran pajak kendaraan di Samsat Subang dengan scan QRIS. (Istimewa)


Menurutnya penggunaan QRIS lewat BRImo sangat mudah diakses, bahkan sampai ke pedesaan. Farli mengatakan, kondisi tersebut menjadi keunggulan tersendiri bagi nasabah BRI seperti dirinya.

Perkembangan QRIS BRI di Jawa Barat

Manager Retail Payment and Card Departement BRI Bandung, Yudi Darmawan menuturkan QRIS merupakan produk Bank Indonesia (BRI) yang difungsikan untuk memudahkan pedagang atau pelaku UMKM dalam pembayaran keuangan. Apalagi saat ini adalah zaman digital, dimana orang-orang ingin melakukan sesuatu secara online yang lebih simple.

"Sekarang orang ketinggalan dompet tenang-tenang saja. Tapi kalau ketinggalan HP, mereka akan pulang," ujar Yudi saat ditemui di Kantor Bank BRI Bandung, Jalan Asia Afrika, Rabu, 7 Juni 2023.

Jumlah transaksi menggunakan QRIS rupanya terus meningkat. Pada 2021, ada 150 ribu transaksi menggunakan QRIS via BRImo yang tercatat di Bank BRI RO Bandung. Angka tersebut bertambah jadi 1,2 juta kali transaksi pada 2022. Adapun pada 2023, hingga bulan Mei saja, transaksi QRIS sudah mencapai 2,1 juta kali per bulan.

Cara Membuat QRIS All Payment Tanpa KTP, Bisa Dipakai Semua Aplikasi
Cara Membuat QRIS All Payment Tanpa KTP, Bisa Dipakai Semua Aplikasi (Freepik)


"Kami juga ada di BRIMO belanja ke cashless ini bisa langsung konek. Ini kemudahan, jadi orang lebih nyaman pegan HP saja, bisa langsung belanja. Termasuk juga dari pelaku UMKM, kalau mereka beralih ke digital, omzetnya bisa naik," ungkap Yudi.

Misalnya ada yang mau beli baju, datang ke toko dan menyiapkan uang Rp200 ribu. Tapi pas ke toko banyak barang bagus, tapi bawa uang cuma Rp200 ribu, maka orang itu tidak akan belanja banyak. Tapi kalau QRIS, mereka mau belanja apapun bisa. Asalkan saldo di rekeningnya mencukupi.

"Jadi sekarang mah belanja sesuai isi rekening, bukan isi dompet," kata Yudi.

Meski begitu, ia menilai, memang perlu usaha lebih keras lagi untuk mengedukasi UMKM soal pentingnya penggunaan QRIS ini. Pasalnya masih banyak UMKM yang belum memahami betapa banyak keuntungan yang bisa mereka dapatkan dari memakai QRIS.

Di sisi lain, masyarakat sudah lebih nyaman dengan adanya QRIS. Karena mereka tidak perlu ribet mengumpulkan uang tunai atau cari ATM. Mayoritas nasabah BRI pun sudah banyak yang mengenal QRIS. Jadi kalau nasabah BRI tidak membawa kartu, asalkan mereka bawa HP dan punya BRImo, bisa belanja pakai QRIS.

Yudi sendiri mengaku optimis bahwa penggunaan QRIS di Jawa Barat dapat meningkat di masa-masa yang akan datang. Selain nasabah perorangan dan UMKM, desa binaan dari Bank BRI juga mulai diedukasi untuk penengenalan digital payment.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harga Emas Antam Rabu 27 September 2023 Turun

Rabu, 27 September 2023 | 08:33 WIB

Harga Emas Antam Selasa 26 September 2023 Turun

Selasa, 26 September 2023 | 10:34 WIB

Harga Emas Antam Sabtu 23 September 2023 Naik Rp2.000

Sabtu, 23 September 2023 | 08:40 WIB

Harga Emas Antam Jumat 22 September 2023 Turun Rp3.000

Jumat, 22 September 2023 | 08:57 WIB
X