Psikiater: Pemerintah Mesti Perhatikan Kondisi Mental Masyarakat akibat PPKM

- Jumat, 6 Agustus 2021 | 20:40 WIB
Penerapan PPKM semestinya tidak hanya dilihat dari masalah ekonominya saja, melainkan harus memperhatikan kondisi emosional, jiwa, dan mental masyarakat.
Penerapan PPKM semestinya tidak hanya dilihat dari masalah ekonominya saja, melainkan harus memperhatikan kondisi emosional, jiwa, dan mental masyarakat.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Psikiater Teddy Hidayat memberi saran kepada Pemerintah, bilamana berencana memperpanjang PPKM Level 3 & 4 setelah 9 Agustus 2021 nanti.

Saran itu juga dimaksudkan supaya tidak ada gelombang-gelombang protes yang menghebohkan, dan dapat memicu aksi-aksi lainnya oleh masyarakat lain.

Sejumlah aksi protes itu dilayangkan masyarakat sebagai bentuk rasa kecewa dan ketidakinginan PPKM ini diperpanjang. Contoh aksi di Kota Bandung baru-baru ini, muncul GB (Bond Bond) yang mencoba bunuh diri karena kecewa Kota Bandung masih di Level 4.

Lalu santer aksi di Ibu Kota Indonesia, artis Dinar Candy yang berbikini di trotoar dengan maksud memprotes PPKM diperpanjang.

Menurut Teddy, ketika Pemerintah akan mengambil suatu kebijakan, maka semestinya juga memikirkan dampak-dampak yang akan terjadi dari kebijakan itu.

"Pemerintah harus melamukan antisipasi akibat dari PPKM itu sendiri, seperti melihat masyarakat yang menderita, frustasi, ini yang harus dikelola," kata Teddy.

Teddy melanjutkan, pembuatan kebijakan semestinya tidak hanya dilihat dari masalah ekonominya saja, melainkan harus memperhatikan kondisi emosional, jiwa, dan mental masyarakat.

"Harus ada yang mengelola (kesehatan jiwa, mental) dengan baik. Sampai saat ini saya lihat tidak ada, justru dilupakan," ucapnya.

Sebelumnya, Dokter Spesialis Kejiawaan dari RS Melinda 2 Kota Bandung ini mengungkapkan, tenaga medis di Puskesmas dan Rumah Sakit yang kelelahan (exhausted), karena menangani Covid-19 dan penyakit lainnya, dapat menurunkan kualitas pelayanan bahkan sampai kolaps.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Jadwal SIM Keliling Bandung Hari Ini 26 November 2021

Jumat, 26 November 2021 | 06:00 WIB

Jalan Kota Bandung Rusak, Perbaikan Minim Anggaran

Kamis, 25 November 2021 | 16:19 WIB
X