Berburu Sepeda Bekas di Pasar Astana Anyar, Tak Pernah Sepi Peminat

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 22:00 WIB
Salah satu penjual sepeda bekas, Budiarto yang sudah lebih dari dua puluh tahun bisnis jual beli sepeda bekas di sekitar Pasar Astana Anyar, Kota Bandung.
Salah satu penjual sepeda bekas, Budiarto yang sudah lebih dari dua puluh tahun bisnis jual beli sepeda bekas di sekitar Pasar Astana Anyar, Kota Bandung.

ASTANA ANYAR, AYOBANDUNG.COM Tidak seperti salah satu pusat toko sepeda anyar di Jalan Veteran yang sepi peminat, hal sebaliknya terjadi pada penjual sepeda bekas yang ada di sekitar Pasar Astana Anyar, Kota Bandung.

Setiap harinya, selalu ada saja pengunjung yang menawar ssepeda bekas yang masih layak pakai di Pasar Astana Anyar.

Seperti diungkapkan oleh Budiarto, seorang penjual sepeda bekas yang sudah memulai bisnis ini sejak turunnya pemerintahan Soeharto. Berbagai macam jenis sepeda ia coba pajang, berharap beberapa pengunjung tertarik untuk membawanya pulang.

“Ya, 1995 sudah jualan, dulu belum ada jualan di sini. Tapi dulu bukan di sini, tetapi di dekat terminal,” jelas Budiarto sambil tertawa saat ditemui di lapak sepeda bekas miliknya yang berada di depan Gang Tohir, Astana Anyar, Kota Bandung (5 Agustus 2021).

Menurut lelaki yang akrab disapa Budi ini, penjualan sepeda bekas saat ini masih terpantau stabil. Setiap harinya, meski tidak banyak, selalu ada pengunjung yang datang untuk sekadar menawar atau berakhir dengan pulang membawa sepeda.

“Ya, yang beli banyak, malah sepedanya yang susah nyarinya, yang ontel susah,” ucap Budi.

Sepeda primadona yang saat ini tidak dimiliki oleh Budi adalah sepeda model lama, ontel. Masyarakat Bandung, khususnya bagi komunitas pecinta sepeda antik ini tidak pernah membiarkan Budi menyimpannya terlalu lama.

“Ontel kalau yang biasa Phoenix paling Rp450 ribu. Ada Gazelle Rp3,3 juta, macam-macam. Kalau yang bagus pernah jual yang Rp18 juta Gazelle buatan Belanda,” kata Budi saat ditanyai harga sepeda ontel yang pernah dijualnya.

Selain sepeda Ontel, Budi juga menyediakan jenis sepeda lainnya yang tidak kalah diminati oleh masyarakat. Mulai dari sepeda lipat hingga sepeda keranjang menghiasi lapak dagang Budi. Harga jualnya biasanya merupakan setengah harga dari harga baru.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 24 September 2021

Jumat, 24 September 2021 | 06:00 WIB

Kota Bandung Masifkan Vaksinasi Massal di Selokah

Kamis, 23 September 2021 | 16:21 WIB

1.677 Sekolah di Kota Bandung Siap PTM

Kamis, 23 September 2021 | 16:09 WIB

Kasus Covid-19 Menurun, Kota Bandung Jaga Momentum

Kamis, 23 September 2021 | 15:57 WIB

Ratusan Anak di Kota Bandung Jadi Yatim Piatu

Kamis, 23 September 2021 | 12:19 WIB
X