Sempat Booming Awal Pandemi, Tren Sepeda Makin Menurun

- Senin, 2 Agustus 2021 | 20:05 WIB
Meski tidak banyak, beberapa pembeli masih terlihat mencari sepeda dan aksesorisnya di sentra penjualan sepeda, sepanjang Jalan Veteran, Sumur Bandung, Kota Bandung.
Meski tidak banyak, beberapa pembeli masih terlihat mencari sepeda dan aksesorisnya di sentra penjualan sepeda, sepanjang Jalan Veteran, Sumur Bandung, Kota Bandung.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM Berbeda saat awal pandemi, tren bersepeda di kota besar saat ini sudah makin menurun.

Padahal sebelumnya, jalanan kota sempat dipadati oleh para pesepeda yang berolahraga untuk menjaga daya tahan tubuh atau hanya sekadar menghilangkan kepenatan di rumah.

Meroketnya tren sepeda tentunya berdampak secara signifikan kepada pengrajin dan penjual sepeda. Akibat tingginya permintaan pasar juga menyebabkan harga sepeda yang melambung tinggi. Tidak hanya sepeda, hal serupa juga terjadi pada penjualan aksesoris sepeda.

Survei Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) menjelaskan, kenaikan tren mencapai sepuluh kali lipat dari biasanya; dan bahwa kegiatan bersepeda menjadi budaya baru di masyarakat perkotaan.

Namun, saat ini, toko-toko sepeda sudah mulai sepi pengunjung, tidak seramai tahun sebelumnya.

Seperti yang diungkapkan oleh Arya, salah satu penjual sepeda di Jalan Veteran, Sumur Bandung, Kota Bandung. Ia mengungkapkan, penjualan sepeda di salah satu pusat penjualan sepeda di Kota Bandung ini mulai mengalami penurunan, bahkan bisa dibilang sepi.

“Awal pandemi agak lumayan, cuman kalau kesini-kesini mah agak menurun penjualan,” ungkap Arya, saat ditemui di tokonya tengah merakit sebuah sepeda roda tiga, pada hari Senin, 2 Agustus 2021.

Menurut Arya, peningkatan penjualan hanya bertahan dua bulan setelah tren bersepeda mulai ramai di masyarakat. Sementara saat ini, penjualan sepeda di toko Arya menurun hingga 60 persen.

“Tahun kemarin booming sepeda, kesini-sini (turun) paling ramenya sampai dua bulan saja. Sudah dua bulan itu mah sudah saja, sampai sekarang terus menurun,” terang Arya.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Kini Minyak Goreng Bekas Pakai Bisa Ditukar Menjadi Emas

Minggu, 26 September 2021 | 12:05 WIB

Jadwal Sholat Bandung dan Sekitarnya, 25 September 2021

Sabtu, 25 September 2021 | 05:50 WIB

Informasi SIM Keliling Bandung, 25 September 2021

Sabtu, 25 September 2021 | 05:10 WIB

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 24 September 2021

Jumat, 24 September 2021 | 06:00 WIB
X