Viral Benda Asing di Langit Bandung, BMKG: Bukan Benda Berbahaya

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 18:03 WIB
Viral benda asing di langit Cicendo, Kota Bandung.
Viral benda asing di langit Cicendo, Kota Bandung.

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika Kota Bandung menjelaskan fenomena yang diduga benda asing, yang terjadi pada Kami, 29 Juli 2021.

Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu mengungkapkan, fenomena yang terjadi di wilayah Pasirkaliki, Cicendo Kota Bandung, tepatnya di Jalan Dr. Rum pukul 08.30 iti bukan merupakan fenomena meterorologis, seperti Pelangi, Halo, Aurora, ataupun fenomena optik lainnya yang terjadi di atmosfer.

"Fenomena dengan ciri benda yang bergerak di angkasa biasanya terkait dengan fenomena antariksa," kata Teguh Rahayu, ketika dihubungi, Sabtu, 31 Juli 2021.

Fenomena antariksa itu berdasarkan observasi cuaca yang dilalukan BMKG Bandung. Dia mengatakan, saat itu kondisi atmosferkondisi atmosfer/ langit dalam kondisi cerah berawan dan kecepatan angin 6 km/jam.

Terpantau awan Cirrus (tinggi), dan tidak terpantau adanya awan hujan (Cb). Berdasarkan data pengamatan tersebut, maka dapat disimpulkan, bahwa fenomena yang terlihat oleh masyakarat pada hari kamis kemarin di langit di wilayah Pasirkaliki Kota Bandung, bukan merupakan fenomena meteorologis.

Teguh Rahayu melanjutlan, fenomena meteorologis lain yang tampak secara visual di wilayah Indonesia meliputi fenomena optik, seperti pelangi, halo, dan warna langit yang merah atau keunguan.

"Selain itu di wilayah lintang tinggi, biasa terjadi fenomena aurora atau langit dengan berbagai warna yang berpijar," ujarnya.

Terkait dengan fenomena itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan fenomena-fenomena yang terjadi di atmosfer, kepada lembaga-lembaga pemerintah yang valid.

"Sehingga memperoleh informasi yang valid dan ilmiah berdasarkan data pengamatan yang ada," ujarnya.

Halaman:

Editor: Nur Khansa Ranawati

Tags

Terkini

X