Alami Krisis Pakan, Kebun Binatang Bandung Terima Bantuan Sayuran

- Sabtu, 31 Juli 2021 | 15:33 WIB
Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat (Jabar) Epi Kustiawan (ketiga dari kiri) menyerahkan bantuan berupa sayur-sayuran kepada Kebun Binatang Bandung pada Sabtu, 31 Juli 2021.
Kepala Dinas Kehutanan Jawa Barat (Jabar) Epi Kustiawan (ketiga dari kiri) menyerahkan bantuan berupa sayur-sayuran kepada Kebun Binatang Bandung pada Sabtu, 31 Juli 2021.

COBLONG, AYOBANDUNG.COM -- Dampak pandemi Covid-19 merontoki segala sektor. Demikian pula yang dirasakan oleh Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazooga).

Sebelumnya, Bazooga mengalami krisis pakan akibat penurunan pendapatan. Hal ini imbas ditutupnya operasional Kebun Binatang Bandung selama hampir 1,5 bulan lamanya, baik itu penerapan PPKM Mikro ketat, PPKM Darurat, maupun PPKM Level 4.

Skenario terburuk pun diwacanakan dengan memproyeksikan rusa dan angsa, untuk ditumbalkan menjadi pakan harimau Sumatera dan macan tutul Jawa.

Skenario itu dicanangkan mengingat belum ada kepastian apakah setelah 2 Agustus 2021 nanti, ada relaksasi ekonomi termasuk pariwisata. Apalagi, pihak Bazooga menyebut bahwa stok pangan bagi satwa hanya cukup sampai satu bulan ke depan.

Namun, kiranya skenario terburuk itu dapat ditunda. Pasalnya, pada Sabtu, 31 Juli 2021, satwa lucu nan menggemaskan di Bazooga dapat bernapas sedikit lebih lama lagi, sebab bala bantuan datang dari berbagai pihak.

Humas Bazooga, Sulhan Syafi'i merasa bersyukur pihaknya mendapat bantuan selama Bazooga ditutup. Bantuan itu pun datang dari per orangan, instansi swasta, dan pemerintah.

"Alhamdulillah tadi juga ada donasi dari Darul Hikam, Lazis Darul Hikam, dan juga Dinas Kehutanan Jawa Barat (Jabar)," kata pria yang disapa Aan ketika ditemui di Bazooga, Sabtu, 31 Juli 2021.

Sementara bantuan dari Dinas Kehutanan Jawa Barat itu berupa sayur-sayuran, seperti wortel, kacang panjang, waluh, sawi, dan sayuran lain. Bantuan yang diperoleh Kebun Binatang Bandung kali ini di antaranya 60 kg wortel, 350 kg labu siam, 300 kg pakcoy, 400 kg sawi putih, 250 kg timun, 10 kg kangkung dan kacang panjang.

Menurutnya bantuan itu cukup dan bisa dimakan oleh satwa-satwa herbivora yang ada di Bazooga.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

X