Toko Kamera Analog Ini Masih Sering Dikunjungi Anak Muda, Tak Lekang oleh Waktu

- Kamis, 29 Juli 2021 | 21:50 WIB
Ilustrasi kamera analog.
Ilustrasi kamera analog.

SUMURBANDUNG, AYOBANDUNG.COM –  Tren kamera analog akhir-akhir ini kembali meningkat lantaran digandrungi oleh berbagai kalangan anak-anak muda. Tak heran, kini gulungan film untuk kamera analog pun harganya ikut melonjak.

Meskipun perkembangan teknologi mendorong kegiatan fotografi semakin modern, misalnya hanya dengan menggunakan sebuah ponsel pintar, tetapi kamera analog dan gulungan film menjadi daya tarik tersendiri bagi penggemar kamera jadul ini.

Memotret dengan kamera analog menimbulkan rasa penasaran karena hasil jepretannya yang tak bisa langsung dilihat, maka dari itu pengguna harus pintar-pintar menilik momen yang cocok untuk ditangkap dengan kamera analog.

Meningkatnya animo anak-anak muda terhadap kamera analog juga membuat Doni, seorang pemilik toko kamera analog , tertarik menggeluti dunia fotografi dan servisnya sejak masih di bangku kuliah.

Dari kesukaannya tersebut, Doni kemudian mendirikan toko kamera analog bernama Gama Analognesia di Pasar Cikapundung barang lawas gedung CEC Lt 3 HU.20, Sumurbandung, Kota Bandung, sejak tahun 2017.  

“Semua itu (ilmu fotografi) saya belajar dari senior-senior saya yang sudah lebih dulu menggeluti dunia fotografi.” Ujar Doni saat ditemui Ayobandung.com  

Sebelum pindah ke Pasar Cikapundung dan mendirikan toko antik ini, Doni bercerita sejak jaman sekolah ia memanfaatkan waktu luang untuk ikut bekerja pada jasa studio fotografi milik kerabatnya. Di samping menghasilkan pendapatan, pekerjaan ini masih berkaitan dengan hobinya sehingga menciptakan kesenangan tersendiri bagi Doni.

“Hobi saya bongkar pasang (barang) sehingga saya juga belajar di tempat bongkar servis. Dari rutinitas (pekerjaan) ini juga membangun keyakinan saya dengan fotografi. “ sambung Doni.

Bagi Doni fotografi merupakan sebuah alat sebagai pendekatan personal, berkaca dari pengalamannya dahulu di mana belum banyak yang bisa mengabadikan momen penting menggunakan kamera, yang mana pada saat itu kamera merupakan barang yang hanya dimiliki oleh masyarakat kalangan atas. Namun, dengan keahlian fotografi yang dimiliki hanya dengan segenggam ponsel kini semua kalangan masyarakat bisa memotret momen penting dalam hidupnya dan mendekatkan tiap individu dari tangkapan momen tersebut.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 21 September 2021

Selasa, 21 September 2021 | 06:10 WIB

Toko Mas Gaya Baru Kosambi Dirampok!

Senin, 20 September 2021 | 16:04 WIB
X