Supplier Ikan Hias, meski Pandemi Tak Pernah Merugi

- Selasa, 27 Juli 2021 | 21:45 WIB
Beberapa penjual ikan mulai memilih satu demi satu ikan hias yang baru saja dibawa oleh Anwar. Tidak sampai sepuluh menit, ikan di dalam mobil sudah ludes dikantongi pembeli.
Beberapa penjual ikan mulai memilih satu demi satu ikan hias yang baru saja dibawa oleh Anwar. Tidak sampai sepuluh menit, ikan di dalam mobil sudah ludes dikantongi pembeli.

ASTANAANYAR,AYOBANDUNG.COM Setiap hari Senin dan Kamis, suasana Jalan Peta, Astanaanyar, Kota Bandung, selalu terlihat ramai.

Beberapa orang terlihat sedang menunggu dengan sabar di depan toko ikan hias, salah satunya di depan Toko Muara Baru Aquarium.

Wajah mereka mulai semringah saat sebuah mobil bak terbuka yang dipenuhi dengan berbagai macam ikan hias itu mulai terparkir di depan toko.

Setelah terparkir dengan sempurna, tanpa menunggu lama para pemburu mulai memilah setiap bungkus ikan hias yang ada di bak mobil itu.

Belakangan diketahui, para pemburu ini adalah para penjual ikan hias di wilayah Bandung.

Seseorang yang membawa mobil penuh dengan ikan hias ini adalah Anwar, seorang penjual dan pembudidaya ikan hias asal Parung, Bogor. Anwar secara rutin setiap bulannya memasok ikan hias hasil budidayanya ke Bandung. Tidak hanya miliknya, Anwar juga membawa ikan hias hasil petani lainnya.

“Sebagian dari budidaya, sebagian dari petani,” terang Anwar sambil memperhatikan para pembeli tengah memilah ikan hasil budidayanya.

Ada delapan jenis ikan hias yang Anwar budidayakan, seperti ikan koi, manfish, patin albino, gurame padang, dan lainnya. Alasan anwar membudidayakan hingga delapan jenis ikan hias adalah untuk menunjang permintaan pasar dan kestabilan penjualan.

“Kalau nanemnya misalnya satu jenis, kadang-kadang ada pasang surutnya. Jadi susah jualnya. Kalau delapan jenis, misalnya satu jenis lagi kurang bagus, bisa ditahan dulu, digedein, tunggu pasarannya bagus,” jelas Anwar.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Kota Bandung Resmi Masuk PPKM Level 2

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:00 WIB

Kota Bandung Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Selasa, 19 Oktober 2021 | 19:30 WIB

Hujan Deras Bikin Banjir Cileuncang di Kota Bandung

Selasa, 19 Oktober 2021 | 15:25 WIB

PPKM Diperpanjang, Kasus Covid-19 Bandung Tersisa 93

Selasa, 19 Oktober 2021 | 06:00 WIB

Wagros Jadi Wadah UMKM Jabar Pulihkan Ekonomi

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:59 WIB

Lansia di Jabar Bisa Vaksinasi Covid-19 di Bidan Desa

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:56 WIB
X