Musim Kemarau Udara di Kota Bandung Terasa Lebih Dingin? Begini Penjelasan BMKG

- Senin, 26 Juli 2021 | 17:50 WIB
Warga melintas di bawah pohon yang daunnya sudah berjatuhan di Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (10/9/2020). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak kemarau masih akan terjadi hingga September 2020.
Warga melintas di bawah pohon yang daunnya sudah berjatuhan di Jalan Aceh, Kota Bandung, Kamis (10/9/2020). Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak kemarau masih akan terjadi hingga September 2020.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Beberapa hari terakhir cuaca di Kota Bandung terasa dingin pada malam hari hingga pagi hari.

Prakirawan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung Yan Firdaus mengatakan, jika cuaca terasa dingin pada malam hingga pagi hari adalah fenomena yang normal terjadi pada musim kemarau di wilayah Pulau Jawa, termasuk Jawa Barat dan Bandung Raya khususnya. 

Menurutnya hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain angin monsun Australia sedang aktif pada musim kemarau, dan di Australia pada saat ini sedang mengalami musim dingin. 

Angin monsun itu, kata Yan, bertiup dari Australia ke Indonesia bersifat dingin dan kering.

"Sehingga menyebabkan udara di Jawa Barat dan Bandung Raya juga dingin," katanya ketika dihubungi Ayobandung.com, Senin, 26 Juli 2021.

Faktor lainnya, Yan melanjutkan bahwa pada musim kemarau, kondisi perawanan pada umumnya cerah, atau jumlah awan di atas wilayah Jabar dan Bandung Raya sedikit. 

Kondisi itu membuat energi matahari yang dipantulkan oleh permukaan bumi tidak diserap kembali oleh awan tapi langsung terlepas ke luar angkasa.

"Kemudian membuat udara dekat permukaan terasa lebih dingin terutama pada malam hingga pagi hari," ujarnya.

Tak hanya itu, Yan mengatakan saat ini gerak semu Matahari berada di belahan Bumi Utara, dan membuat wilayah Pulau Jawa yang terletak di Selatan Equator relatif mengalami kurangnya energi matahari.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Toko Mas Gaya Baru Kosambi Dirampok!

Senin, 20 September 2021 | 16:04 WIB

Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Bandung 20 September 2021

Senin, 20 September 2021 | 05:58 WIB

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung 18 September 2021

Sabtu, 18 September 2021 | 05:00 WIB

5 Toko Roti Nuansa Jadul Terpopuler di Kota Bandung

Jumat, 17 September 2021 | 18:51 WIB
X