Aplikasi LAPOR Kota Bandung Diganjar Penghargaan Dunia

- Minggu, 25 Juli 2021 | 10:18 WIB
Wali Kota Bandung Oded M Danial.
Wali Kota Bandung Oded M Danial.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang digagas Pemkot Bandung melalui Bandung Command Center (BCC) meraih penghargaan sebagai solusi digital dunia dari International Energy Agency (IEA), pekan lalu.

Berkat inovasi itu, Kota Bandung menjadi salah satu Kota Pemberdayaan IEA untuk Masa Depan Net Zero.

IEA melibatkan lebih dari 125 pakar dan organisasi terkemuka di dunia dalam menilai aplikasi LAPOR. Dua kota lainnya yang mendapatkan penghargaan serupa, yakni DKI Jakarta dengan MRT dan Bali dengan aplikasi blablabla.

Atas raihan itu, Wali Kota Bandung Oded M Danial mengaku sangat mengapresiasi atas kerja keras dan inovasi yang digagas aparatnya. Ia mengungkapkan, aplikasi LAPOR menjadi penghubung antar pemerintah dan rakyat.

"Lewat Aplikasi LAPOR, rakyat bisa mengoreksi dan memberi masukan atas kebijakan dan layanan pemerintah,’’ ujarnya melalui siara pers, Minggu, 25 Juli 2021.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bandung Yayan Ahmad Brilyana mengungkapkan, penghargaan tersebut menjadi indikator bahwa Kota Bandung menuju smart city dalam road map yang benar.

‘’Upaya kita sudah diakui internasional,’’ ujarnya.

Yayan mengatakan, penghargaan ini menjadi motivasi agar jajaran Pemkot Bandung bekerja lebih baik lagi dan tidak henti berinovasi. Dia menuturkan, antara pemerintah dan masyarakat tidak boleh lagi ada benteng pembatasan dalam berkomunikasi.

Sementara Lead Country Analysis and Coordinator for Indonesia, Peggy Hariwan mengatakan, aplikasi LAPOR Kota Bandung merupakan solusi digital dunia.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung 27 September 2021

Senin, 27 September 2021 | 04:30 WIB

Kini Minyak Goreng Bekas Pakai Bisa Ditukar Menjadi Emas

Minggu, 26 September 2021 | 12:05 WIB
X