Sekolah Kembali Online, Waspada Anak Alami Penurunan Kemampuan Akademik

- Sabtu, 24 Juli 2021 | 17:43 WIB
Belajar Online
Belajar Online

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Praktisi psikologi mengungkapkan, anak, remaja, dan dewasa akan mengalami berbagai macam gangguan kesehatan mental di tengah pandemi Covid-19 ini, salah satunya stress.

Psikolog klinis, Linda Widyastuti mengatakan, stress ini tidak bisa digambarkan secara spesifik, tapi berdasarkan pengalamannya menangani berbagai kasus, contoh terdekat adalah karena belajar secara online.

"Kaitannya dengan penolakan belajar akademis, seperti membaca, menulis bagi anak," ujar Linda ketika dihubungi Ayobandung.com, Sabtu, 24 Juli 2021.

Dosen dari Universitas Bhakti Kencana ini juga mengatakan, penolakan itu nantinya bisa membuat kemampuan akademis dari anak tersebut ikut menurun.

Sebab, kata Linda, orangtua mengajarkan anak-anaknya untuk belajar di rumah tanpa dibekali oleh ilmu pedagogi.

"Orangtua tidak dibekali oleh ilmu pedagogi, artinya mereka (orangtua) freestyle, mengajar dengan cara mereka masing-masing," ujarnya.

Adapun bila dilihat dari sudut pandang psikologis anak, Linda mengatakan, sang anak berada di posisi belajar di rumah, sehingga anak itu akan beranggapan bahwa rumah bukanlah tempat untuk belajar.

Sebab menurutnya, ketika anak dipakaikan pakaian rumah tapi tujuannya adalah belajar, sang anak akan berpikiran kalau rumah adalah tempat untuk bersenang-senang dengan orangtua, tempat untuk istirahat.

"Jadi ada saja faktor-faktor dampak dari belajar online ini membuat akademis anak menurun," katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Bandung, Rita Verita.

Rita mengatakan, anak juga akan merasakan kecemasan imbas dari sudah lamanya pembelajaran secara jarak jauh atau PJJ.

"Contoh kecemasan itu salah satunya mereka (anak-anak) apakah bisa mengikuti pembelajaran dengan baik atau tidak," jelasnya.

"Atau cemas karena sudah lama tidak bertemu dengan teman-teman satu sekolahnya," tutupnya.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

PSI Walk Out Saat Rapat RAPBD, Ini Tanggapan Oded

Senin, 29 November 2021 | 16:03 WIB
X