CEK FAKTA: Tidak Benar Ketua BEM Unpar sebagai Otak Aksi Rusuh 24 Juli 2021

- Sabtu, 24 Juli 2021 | 13:09 WIB
Sumber hoaks: Tangkapan layar di Whatsapp
Sumber hoaks: Tangkapan layar di Whatsapp

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Beredar e-poster berupa tangkapan layar pesan di grup Whatsapp yang bernamakan 'Grup tenis semarang'. e-poster yang beredar di media sosial ini menampilkan foto orang yang diduga sebagai pengirim pesan tersebut.

Dalam pesan itu dituliskan ajakan aksi demonstrasi mulai 24 Juli 2021. Tak hanya itu, pengirim pesan itu juga bertujuan untuk menciptakan kekacauan dan melumpuhkan perekonomian Kota.

Foto pengirim pesan itu mengatasnamakan Taffarel Giovanni Montero, yang juga dicantumkan nomor teleponnya. Foto Taffarel ditampilkan dengan mengenakan jas almamater dari suatu kampus.

Benarkah Taffarel ini sebagai otak aksi untuk mengajak demo demi menciptakan kekacauan dan melumpuhkan perekonomian Kota?

Pemeriksaan Fakta
Berdasarkan penelusuran Cek Fakta Ayobandung.com, diketahui bahwa logo dari almamater tersebut adalah Universitas Katolik Parahyangan atau Unpar.

Pihak Unpar sendiri membantah bahwa mahasiswanya, Taffarel Giovanni Montero, yang merupakan otak aksi rusuh 24 Juli.

Unpar memanggil dan meminta penjelasan dari yang bersangkutan. Yang bersangkutan menyatakan tidak berkaitan, tidak berencana, ataupun tidak mendalangi aksi demonstrasi pada tanggal 24 Juli 2021.

"Pemberitaan sosial media tersebut ditengarai merupakan pencatutan nama atau identitas saudara Taffarel yang dilakukan oleh pihak secara tidak bertanggungjawab, dan belum dapat diketahui maksud dan tujuannya," ujar Kepala Kehumasan dan Protokoler Unpar, Magenta Paramita.

Taffarel Giovanni Montero (Taffarel) sendiri adalah mahasiswa Unpar yang pada tahun ini menjabat sebagai Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM).

Berita tersebut memuat foto/gambar Taffarel menggunakan jas almamater Unpar dan cuplikan berita/pesan yang dapat menggiring opini publik terhadap ajakan aksi rusuh atau demonstrasi di Bandung pada tanggal 24 Juli 2021. "Kini saudara Taffarel menyampaikan laporan ke Kantor Polda Jabar dan sekaligus meminta perlindungan bilamana dibutuhkan," katanya.

Halaman:

Editor: Dudung Ridwan

Tags

Terkini

Jadwal SIM Keliling Kota Bandung 27 September 2021

Senin, 27 September 2021 | 04:30 WIB

Kini Minyak Goreng Bekas Pakai Bisa Ditukar Menjadi Emas

Minggu, 26 September 2021 | 12:05 WIB
X